Perarem Pertanian, Kuatkan  dan Tingkatkan  Ekonomi

29

Singaraja (Bisnis Bali) – Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, S.T., di sela-sela menghadiri acara pembangunan pelinggih Dewi Sri di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar mengusulkan adanya perarem atau aturan adat mengenai pertanian. Usulan tersebut sebagai upaya menjaga ketahanan pangan, penguatan pertanian yang diperlukan untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Mengingat sektor  pertanian menjadi fokus pembangunan saat ini oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng setelah fokus pada infrastruktur.
Pada saat bertemu masyarakat Desa Pedawa, Bupati Agus Suradnyana menyampaikan usulan sebagai ilustrasi agar Desa Pedawa membuat perarem untuk menyisakan lahan seluas 5 atau 10 are untuk menanam padi gogo atau yang sering disebut oleh masyarakat Pedawa padi gaga selain tanaman ekonomis yang ditanam.

Hal ini dimaksudkan, jelasnya, untuk melestarikan ekosistem yang ada. Menurutnya, orang-orang di Bali sudah diajarkan oleh para leluhur untuk menjaga ekosistem alam yang sudah mulai terlupakan karena adanya desakan tanaman-tanaman ekonomis. “Namun sekarang tanaman ekonomis tersebut mulai menjadi persoalan karena ekosistemnya berubah karena ada hama dan sebagainya. Kalau ekosistem dijaga saya yakin hama akan hilang karena pelestarian ekosistem tadi,” jelasnya.

Penjagaan ekosistem ini seperti penanaman padi gogo atau padi gaga ini. Nantinya akan ada capung, ada blauk, dan binatang lain yang akan memakan hama di alam. Hal ini tentunya akan menjaga ekosistem dan akan mengurangi hama. “Semua itu akan membuat ekosistem terjaga. Bagaimana binatang-binatang tersebut akan memakan hama juga seperti burung yang akan kembali mencari ulat,” ujar Agus Suradnyana.

Mengenai tradisi yang berkembang di masyarakat Pedawa sebagai salah satu kearifan lokal, Bupati Agus Suradnyana mengungkapkan kearifan lokal digunakan untuk mengembangkan suatu daerah seperti Desa Pedawa ini. Menurutnya, daerah Desa Pedawa ini sudah memiliki alam yang cantik. Sehingga tinggal dikembangkan kelebihan apa yang membuat orang atau wisatawan lebih tertarik lagi untuk datang ke Desa Pedawa. “Kita lihat sendiri di sini. Alamnya bagus, pemandangannya bagus, sejuk. Nanti kalau sudah berkembang tinggal ditingkatkan lagi secara infrastruktur biar wisatawan lebih nyaman datang ke sini,” pungkasnya. (ira)

BAGIKAN