Gianyar (Bisnis Bali) – Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Surya Mandiri sebagai koperasi nipo provinsi menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-16 tahun buku 2018 bertempat di Krisna Oleh-oleh Blangsinga, Sabtu (12/1).

KSP Surya Mandiri mencatat pencapaian aset meningkat hingga 4,69 persen dengan posisi aset dari tahun buku 2018 mencapai Rp 38 miliar. Ketua KSP Surya Mandiri, Made Hadi Sumarna, S.H., di sela-sela acara RAT mengatakan, RAT ke-16 ini merupakan bentuk pertanggungjawaban pengurus kepada anggota mengenai kinerja selama 1 tahun. Berbagai pencapaian telah diraih KSP Surya Mandiri seperti simpanan sukarela yang meningkat sebesar 30,63 persen, simpanan berjangka meningkat 1,53 persen sehingga total dana yang berhasil dihimpun mencapai Rp 31 miliar.

Pinjaman yang berhasil disalurkan KSP Surya Mandiri Rp 27 miliar dengan SHU Rp 1,100 miliar meningkat 3,19 persen dari tahun lalu. Posisi aset KSP Surya Mandiri daat ini mencapai Rp 38 miliar lebih meningkat 4,69 persen dari tahun lalu. Hal ini disebabkan kepercayaan dan antusias anggota kepada KSP Surya Mandiri.

Hingga saat ini jumlah anggota KSP Surya Mandiri  di tahun buku 2018 tercatat mencapai 1.898 orang. Jumlah keanggotaan meningkat 10 persen.

Di tahun 2019 ini, KSP Surya Mandiri akan lebih fokus dan mengenjot sektor pinjaman atau kredit. Hadi Sumarna berharap di tahun 2019 ini partisipasi anggota agar lebih ditingkatkan guna mendorong pertumbuhan usaha koperasi.

Pengawas KSP Surya Mandiri, Made Sarwa mengatakan, kinerja pengurus KSP Surya Mandiri saat ini cukup positif walaupun kondisi ekonomi sampai saat ini belum begitu menguntungkan. Sebagai pengawas pihaknya terus melakukan langkah-langkah agar koperasi ini bisa tumbuh dan berkembang dan mensejahterakan anggota.

Sarwa mengharapkan, ke depan pemerintah bisa mengawasi koperasi dengan lebih baik lagi. Dengan demikian  tidak ada lagi koperasi yang ditutup. “Hal ini sangat berdampak dan merugikan bagi koperasi yang sehat,” katanya.

Pengawas KSP Surya Mandiri, Wayan Nasib mengatakan, telah melakukan pengawasan secara intensif setiap 3 bulan sekali berdasarkan laporan yang dibuat pengurus. Ia melihat pencapaian dari koperasi ini sangat baik. Ini terbukti dari peningkatan SHU dan aset dari tahun ke tahun yang selalu meningkat.

Anggota KSP Surya Mandiri, Made Ariana merasa bangga melihat perkembangan koperasi di mana KSP Surya Mandiri sangat memihak pada ekonomi kerakyatan. Selain itu koperasi ini sangat bermanfaat bagi anggota baik bidang sosial adat maupun budaya. Salah satunya KSP Surya Mandiri memberikan pinjaman perlengkapan upacara gratis kepada anggota koperasi berupa tenda kursi dan perlengkapan lainnya. (adv/kup)

BAGIKAN