Tabulampot Mangga Berhasil, Cocok Menghiasi Taman

59

MANGGA garifta merah atau yang oleh petani mangga di Kintamani disebut mangga berhasil, sangat cocok ditanam dalam pot. Tabulampot mangga yang satu ini sangat cocok dijadikan penghias taman karena saat berbuah warna buahnya merah sangat cantik dilihat.

Penjual tanaman di kawasan Sanur, Anton mengatakan, mangga garifta merah sangat cocok ditanam dalam pot. “Pohon mangga sangat cocok jadi tabulampot, apalagi jenis garifta merah karena warnanya yang merah sangat menarik,” katanya Jumat (11/1) kemarin, di Denpasar.

Untuk membuat tabulampot mangga juga tidak sulit. Siapkan pot dengan diameter minimal 70 cm. Untuk medianya gunakan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.  “Isi 3/4 pot dengan media tanam, kemudian masukkan bibit. Baru isi dengan media tanam lagi hingga pot hampir penuh,” paparnya.

Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari langsung. “Mangga membutuhkan sinar matahari penuh agar bisa berbuah. Jadi jangan diletakkan di tempat teduh,” tandasnya.

Untuk perawatan, lakukan penyiraman dua kali sehari, sedangkan pemupukan lakukan seminggu sekali dengan NPK. “Kalau kebutuhan nutrisinya terpenuhi, tabulampot mangga akan cepat berbuah. Karena menggunakan bibit dari okulasi, maka akan lebih cepat berbuah,” tukasnya.

Terkait tabulampot mangga garifta merah, ia mengaku harganya cukup tinggi dibandingkan jenis mangga lainnya. “Harga berkisar Rp 500 ribu ke atas tergantung besar kecilnya, sudah berbuah apa belum,” pungkasnya. (pur)

BAGIKAN