Drs. Gede Komang, M.Si., Persiapkan Lebih Awal

21

SEKTOR pariwisata di daerah khususnya di Kabupaten Buleleng apabila makin dikembangkan bukan tidak mungkin nantinya menjadi suatu industri andalan untuk menopang perekonomian masyarakat. Apalagi dukungan infrastruktur yang kini dirancang makin memadai dengan diwujudkannya jalan baru Singaraja – Mengwitani menjadi peluang besar ke depannya untuk mewujudkan pemerataan pariwisata.

Tidak terkecuali, Drs. Gede Komang, M.Si sebagai seniman sekaligus Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng pihaknya justru makin bersemangat untuk mengenalkan kebudayaan di sektor pariwisata. Bahkan lebih awal dirinya sudah mempersiapkan atau mengagendakan kegiatan – kegiatan apa saja yang berkaitan dengan kebutuhan wisatawan yang berwisata ke Bali Utara.

Salah satunya pagelaran seni yang melibatkan seniman dari Dinas Kebudayaan dan juga seniman yang ada di Bali Utara. Pagelaran ini ke depan diagendakan menjadi ciri khas Buleleng dan menjadi salah satu wisata tujuan para turis asing. “Nah, shortcut sudah digarap dan bandara direncanakan jadi kalau tidak dari sekarang dipersiapkan ke depan jika akses ke Bali Utara sudah lebih mudah tentu di sini kita sudah siap,” ujar mantan Kadinsos Buleleng ini.

Pagelaran seni yang akan dikemas menjadi salah satu produk wisata di Buleleng akan mengangkat budaya ciri khas Buleleng dan tidak mengadopsi kebudayaan dari daerah lain. Dalam waktu dekat ini agenda pagelaran seni pun akan di-launching dan menjadi agenda baru yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan. “Ini juga sebagai langkah percepatan pengembangan seni dan budaya di Buleleng,” imbuhnya. (ira)

BAGIKAN