Ini Keuntungan Nasabah LPD dari Sinergi dengan Bank BPD

24

Denpsar (Bisnis Bali) – Untuk memperkuat layanan LPD, BPD Bali akan bersinergi dengan LPD. Dengan sinergi yang dilakukan ini,  masyarakat Bali yang menyimpan uang di LPD, bisa menarik dana dengan kartu atau layanan digital banking lainnya.

Direktur Operasional BPD Bali IB Gede Setia Yasa, saat ditemui beberapa waktu lalu mengatakan, tahun 2019, kerja sama dengan pemda  akan ditingkatkan untuk memperkuat desa adat.  Sinergi ini akan memperkuat sistem LPD. “Bagi LPD yang belum punya sistem, kita siapkan. Namun kita tidak masuk ke ranah keuangan mereka,” terangnya.

Dikatakan, BI dan OJK sudah memberikan saran ketentuan dan aturan untuk bisa bekerja sama dengan LPD. BPD Bali bisa bersinergi dengan LPD melalui aturan digital banking sehingga lembaga keuangan mikro bisa diajak bekerja sama sebagai mitra. “BI kemarin sudah kita sounding. Kalau pada saat transaksi menggunakan kartu, ranahnya BI, kalau perkuat layanan digital banking, ranahnya OJK,” jelasnya.

Sinergi dengan LPD adalah untuk memperkuat layanan LPD. Namun membutuhkan proses panjang dalam merancang sistem tersebut. Nantinya masyarakat desa adat pun bisa bertransaksi dengan kartu ATM, QR code, atau layanan digital bank lainnya. Mengingat ke depan Gubernur Bali juga akan memasang wifi di semua wilayah Bali sehingga, kebijakan ini akan saling mendukung dengan program digital banking. “Target utama kami Denpasar dan Badung,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut,  Kepala Lembaga Pemberdayaan (LP)  LPD Provinsi Bali,  I Nyoman Arnaya, S.E. mengatakan,  pihaknya sangat setuju dengan gagasan tersebut. Sinergi ini akan bisa membantu LPD se-Bali,  yang nasabah nantinya bisa menarik dananya melalui BPD. “Kami juga inginkan kerja sama ini bisa mempermudah LPD untuk saling berhubungan antara satu dengan yang lain,” ujarnya.

Ditambahkannya,  saat ini beberapa LPD di Bali sudah menggunakan layanan digital untuk transaksi. Hal ini tentunya akan mempermudah dalam sinergi tersebut yang tinggal dilakukan penyambungan dengan sistem BPD. (wid)

BAGIKAN