IGA Mas Sumatri, Manfaatkan Lahan Sempit

LAHAN Sempit, lahan kosong mestinya dimanfaatkan saat ini.

LAHAN Sempit, lahan kosong mestinya dimanfaatkan saat ini. Walau terbatas, setidaknya masih bisa ditanami dengan berbagai tanaman pangan sehingga ke depan bisa mengurangi pengeluaran guna mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri, beberapa hari lalu di Desa Ababi, Karangasem menyampaikan, pohon cabai bisa ditanam di pekarangan, termasuk di pekarangan yang sempit dengan sistem pot atau menggunakan polybag. Apalagi cabai sangat dibutuhkan dalam keseharian sebagai bumbu dapur.

“Komoditi cabai sering memberikan pengaruh inflasi karena harganya yang sering mengalami fluktuatif sangat tergantung dari persediaan dan permintaan di masyarakat,” tandas  Mas Sumatri.

Bupati Karangasem itu mengharapkan kelompok petani cabai dan petani lainnya, mampu meningkatkan kesejahteraan petani, sekaligus bisa memanfaatkan lahan kosong lainnya untuk dikelola dengan baik.  ‘’Komoditi cabai bisa dikembangkan pada lahan sempit dan pemasarannya cukup mudah, asal ditata dengan baik. Pembinaan budi daya cabai akan terus diberikan kepada petani agar menghasilkan produktivitas tinggi,” tandas Mas Sumatri. *bud

BAGIKAN