Ida Ayu Surya Adnyani,  Latih Pelaku UMKM

UNTUK bangkit dari pandemi Covid-19, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) membutuhkan motivasi guna meningkatkan kualitas produk dan dari sisi permodalan.

UNTUK bangkit dari pandemi Covid-19, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) membutuhkan motivasi guna meningkatkan kualitas produk dan dari sisi permodalan. Guna menggerakkan UMKM,  Dekranasda Kabupaten Gianyar mengandeng  BPOM dan  BPR Kanti melakukan pelatihan desain kemasan produk dan tata cara pengurusan izin edar BPOM.

Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar,  Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra ketika ditemui saat acara di Gedung Pusdiklat BPR Kanti mengatakan, melalui pelatihan pelaku UMKM diingatkan pentingnya kemasan dalam memasarkan produk. “Selain kualitas produk UMKM, kemasan sangat penting. Kemasan yang menarik akan mampu menarik minat orang untuk membeli serta mampu meningkatkan harga jual suatu produk,” ucapnya.

Ia menyampaikan, tidak semua pelaku UMKM menyadari bahwa kemasan produk memberikan pengaruh besar terhadap angka penjualan produk.  Para pelaku UMKM hanya fokus menciptakan suatu produk, namun tidak memperhatikan kemasan produk yang digunakan.

Pihaknya berharap pelaku UMKM dapat meningkatkan daya saing produk melalui peningkatan mutu sesuai selera konsumen.  Kemasan sangat penting untuk melindungi produk dari proses pendistribusian dan saat penyimpanan. “Paling penting diketahui oleh pelaku UMKM adalah tata cara pengurusan izin edar BPOM,” jelas Ny. Surya Adnyani Mahayastra. *kup

BAGIKAN