I Putu Santika, Pengangguran Meningkat

DAMPAK pandemi Covid-19 masih membayangi hingga kini. Wabah virus Corona memberi andil cukup besar pada lonjakan angka pengangguran di Kabupaten Tabanan.

I Putu Santika

DAMPAK pandemi Covid-19 masih membayangi hingga kini. Wabah virus Corona memberi andil cukup besar pada lonjakan angka pengangguran di Kabupaten Tabanan. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dihimpun Dinas Ketenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tabanan, pengangguran mencapai 11.663 orang pada 2020.

“Tahun lalu jumlah pengangguran di Kabupaten Tabanan naik cukup signifikan dibandingkan 2019 yang hanya 3.527 orang,” kata Kepala Disnakertrans Tabanan I Putu Santika. Lonjakan angka pengangguran tersebut sekaligus memposisikan Tabanan berada di posisi kelima di Bali sebagai daerah dengan angka pengangguran terbanyak.

Pandemi Covid-19 membuat kalangan usaha merumahkan hingga melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada karyawannya. “Mereka yang menganggur ini adalah usia kerja umur 17-59 tahun. Peningkatan angka pengangguran terjadi di semua daerah, bahkan seluruh negara di dunia karena sama-sama  merasakan dampak pandemi ini,’’ jelasnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya terus mencari celah bantuan ke pusat. Salah satunya dalam bentuk menggelar sejumlah pelatihan di Lembaga Latihan Kerja (LLK) Tabanan yang selalu ada setiap tahun . Di LLK ini peserta dilatih agar keterampilannya terasah. *man

BAGIKAN