I Komang Darmayuda, S.Sn., M.Si. Cetak Karakter  

TETAP konsisten dengan misi membangun dan mewujudkan karakter anak-anak yang kuat kebaliannya, Bali Kumara kembali melahirkan album Bali Kumara generasi ke-7.

TETAP konsisten dengan misi membangun dan mewujudkan karakter anak-anak yang kuat kebaliannya, Bali Kumara kembali melahirkan album Bali Kumara generasi ke-7.

Sanggar Seni Cressendo Bali “Griya Musika Sukawati”, penggagas Bali Kumara, I Komang Darmayuda, S.Sn., M.Si., mengatakan, anak-anak Bali sebagai penerus di masa-masa mendatang diharapkan tidak saja memiliki kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (SQ), namun juga harus memiliki kecerdasan budaya (CQ). Kecerdasan budaya ini berguna untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak bahwa mereka memiliki warisan seni budaya yang adi luhung.

Bali Kumara merupakan ruang bagi anak-anak sanggar yang memiliki kemampuan olah vokal yang baik, sekaligus sebagai wahana melestarikan nilai-nilai kearifan lokal Bali. Tidak hanya anak-anak sanggar, penyanyi Bali Kumara juga memberikan ruang kepada anak-anak pada umumnya yang memiliki talenta pada olah vokal. “Misi saya ingin mewujudkan karakter anak-anak Bali yang benar-benar kental kebaliannya,” ujar dosen musik ISI Denpasar tersebut.

Lagu-lagu yang diciptakan dan dinyanyikan anak-anak kental dengan tema budaya yang menggunakan bahasa Bali alus. Tentu hal ini bertujuan menanamkan nilai-nilai seni dan budaya lokal sejak dini kepada anak-anak, terutama di era globalisasi seperti saat ini.

Ia mengatakan, Sanggar Seni Cressendo Bali “Griya Musika Sukawati” didirikan untuk menyiapkan SDM Bali dalam bidang musik. Anak-anak harus dibuatkan wadah untuk membina dan mengembangkan talentanya di bidang seni musik. Sanggar yang didirikan pada 10 Februari 2007 ini dijadikan tempat untuk mengasah bakat musik dalam bernyanyi dan memainkan alat-alat musik.

Anak-anak Sanggar Cressendo telah banyak yang mampu menorehkan prestasinya di berbagai ajang lomba dan festival musik, baik di tingkat lokal maupun nasional, di antaranya mengharumkan nama Bali, yaitu pada ajang festival dan lomba seni siswa tingkat nasional (FLS2N). Selain itu, pada tahun 2014 juara  1 nasional untuk tingkat SD,  juara 1 nasional tingkat SMP tahun 2016 dan banyak prestasi lainnya.

“Visi kami mengajak anak-anak untuk mencintai bahasa Bali yang merupakan bahasa ibunya, memperkenalkan dan menanamkan nilai budaya dan kearifan lokal Bali kepada anak-anak, meningkatkan persahabatan dan rasa menyama braya antar-teman dan meraih prestasi dalam bidang menyanyi,” katanya. *pur

BAGIKAN