I Ketut Sutrawan Selamet, Usaha Tutup, Beralih Menanam Padi dan Jagung

PANDEMI Covid-19 telah meluluhlantahkan perekonomian Bali. Tidak sedikit masyarakat harus berjuang demi bertahan hidup.

PANDEMI Covid-19 telah meluluhlantahkan perekonomian Bali. Tidak sedikit masyarakat harus berjuang demi bertahan hidup. Seperti halnya yang dilakukan oleh I Ketut Sutrawan Selamet, pemilik usaha warung makan sekaligus artshop di daerah Pemuteran, Grokgak, Buleleng yang kini beralih menjadi petani.

 Pria yang akrab disapa Wawan Ode ini menceritakan dirinya memutuskan untuk resign dari profesinya sebagai manajer hotel tiga tahun lalu dan beralih membuka usaha. Namun hantaman Covid-19 ini membuat usahanya harus ditutup. “Saya upayakan warung tetap buka lewat online. Namun hasilnya jauh, sehingga saya harus berpikir untuk mencari alternatif lain,” ujarnya.

 Pria asli Pemuteran ini kemudian mencoba menggarap lahan yang dimiliki dengan menanam jagung dan padi. Untuk jagung yang saat ini sudah panen, dicobanya mengemas dalam bentuk makanan berupa nasi jagung. Sementara untuk tanaman padinya, dia mengatakan masih menunggu panen.

Pria kelahiran 1 Juli 1981 ini mengaku masih sangat awam dengan aktivitas pertanian, sehingga dalam menggarap lahan yang dimilikinya, dia mengajak orang yang mumpuni di bidangnya. “Hasil yang kami dapatkan bisa dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga saat ini,” ungkapnya.

Dalam situasi seperti saat ini, tentu dirinya tidak bisa diam begitu saja menunggu keadaan pulih. Harus ada hal yang bisa dilakukan untuk memenuhi perekonomian keluarga. Bertani pun menjadi pilihannya saat ini. Namun demikian setelah kondisi normal, Wawan Ode mengaku akan kembali membuka usahanya. “Bertani itu membutuhkan banyak pembelajaran, tidak bisa instan. Sehingga kedepannya saya pun akan memutuskan membuka kembali rumah makan yang saat ini diistirahatkan,” terangnya.

Diakuinya, pandemi Covid-19 ini memberikannya banyak pelajaran, terutama bagaimana menggunakan dana yang efisien dan efektif serta pola hidup sederhana. Dia juga mengaku saat ini lebih memiliki waktu untuk berkumpul bersama keluarga. *wid

BAGIKAN