HUT Ke-102 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan,  Wabup Suiasa Harapkan Diskarmat Badung Makin Profesional  

WAKIL Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Diskarmat) Badung I Wayan Wirya dan Kepala Dinas Kominfo I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra mengikuti pelaksanaan HUT ke-102 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tahun 2021 via Zoom dari Gedung Badung Command Centre Dinas Kominfo Badung, Senin (1/3).

PERINGATAN HUT - Wabup Suiasa saat mengikuti peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke- 102 Tahun 2021 via Zoom dari Gedung Badung Command Centre Puspem Badung, Senin (1/3).

WAKIL Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Diskarmat) Badung I Wayan Wirya dan Kepala Dinas Kominfo I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra mengikuti pelaksanaan HUT ke-102 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tahun 2021 via Zoom dari Gedung Badung Command Centre Dinas Kominfo Badung, Senin (1/3). Peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kali ini mengusung tema “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani Dalam Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru”. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Suiasa menyampaikan, atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Badung mengucapkan selamat ulang tahun untuk Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dedikasi, loyalitas dan tanggung jawab yang telah diberikan. “Pada hari ini (kemarin-red), saya berharap dan berpesan agar api semangat pengabdian dan dedikasi kita dalam rangka penyelamatan dan juga penanganan terhadap kebakaran, mari api semangat itu kobarannya tidak boleh redup dan padam. Tetapi api yang mengancam alam, harta benda dan keselamatan umat manusia, api itu harus padam. Kita harus terus gelorakan terus menerus semboyan dan doktrin kita yaitu pantang pulang sebelum api padam,” ujar Suiasa.

Kepada jajaran pemadam kebakaran dan penyelamatan, Wabup juga menyampaikan semangat bertugas serta meminta Diskarmat Badung menjadi satuan tugas yang profesional, mandiri dan bertanggung jawab. “Untuk itu demi keselamatan alam semesta dan segala isinya dan demi umat manusia, harus siap mengorbankan jiwa dan raga,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam amanatnya Menteri Dalam Negeri menyampaikan peringatan HUT ke-102 Pemadam Kebakaran berbeda dari tahun tahun sebelumnya karena situasi yang luar biasa yang diakibatkan Covid-19 sehingga harus menyesuaikan dengan prokes maka diadakan secara sederhana dan hybrid di ruangan secara virtual di seluruh Indonesia. “Ada pandemi, tidak ada pandemi, kebakaran tetap terjadi, penyelamatan-penyelamatan tetap terjadi dan kita harus tetap bekerja untuk melaksanakan tugas pokok itu dan tentunya menggunakan peralatan-peralatan yang sudah sesuai ketentuan,” ujarnya.

Untuk itu, pemadam kebakaran harus adaptasi proteksi dalam rangka bertugas sehingga bisa berjalan maksimal dalam membantu masyarakat dan pemerintah membendung penularan Covid-19, di antaranya adalah memberi contoh penerapan prokes. “Oleh karena itu saya mohon kepada rekan- rekan kepala daerah memberikan perhatian kepada jajaran pemadam kebakaran baik organisasinya, anggarannya diperhatikan apakah betul-betul memadai, apa yang dibutuhkan, sarana dan prasarana agar bisa berjalan maksimal. Sekali lagi mohon dukungan kepala daerah, kita perkuat betul jajaran pemadam kebakaran, kepada jajaran pemadam kebakaran saya minta lakukan introspeksi, rajin berkreasi dan berinovasi sehingga akan lebih diterima publik menjadi bagian yang disayangi, karena rekan-rekan melakukan tugas yang mulia. Selamat ulang tahun ke-102, satu abad lebih kita doakan makin eksis dan tetap survive sampai kapan pun,” imbuhnya. *adv

BAGIKAN