Denpasar (Bisnis Bali) – Pasar kendaraan komersial untuk mengangkut penumpang diproyeksikan akan makin besar seiring dengan keberhasilan pemerintah meningkatkan jaringan infrastruktur yang telah mendorong pertumbuhan berbagai sektor ekonomi dengan pesat, termasuk di sektor pariwisata. Keberhasilan ini mendorong pertumbuhan pasar kendaraan komersial untuk transportasi penumpang seperti segmen komersial.
“Hal inilah yang menjadi tujuan kami melengkapi model Hiace dengan tambahan varian premium,” kata Kepala Cabang Auto2000 Denpasar Haris Prasetya di Renon.   
Menurutnya mengantisipasi kian berkembangnya pasar kendaraan komersial Toyota Astra Motor meluncurkan Hiace premio yang akan melengkapi segmen komersial Toyota.  Mobil ini menawarkan kenyamanan dan sekaligus keamanan serta daya tahan yang sudah teruji. Hiace premio dihadirkan untuk mengisi pasar premium dengan kendaraan yang mampu memberikan pengalaman menyenangkan bagi konsumen.
“Mobil ini merupakan komersial van Toyota yang mengusung inovasi transformasi dari konsep cargo transport di awal kemunculannya menuju human transporter yang nyaman,” jelasnya.
Mobil ini sudah ditawarkan di Bali selama dua bulan terakhir dan disambut positif pasar Bali. Harga ditawarkan Rp500 jutaan. Diakui Haris, Hiace adalah produk global Toyota yang generasi pertamanya diluncurkan pada 1967 sebagai kendaraan untuk cargo atau transportasi barang. Mobil ini berhasil menjadi salah satu commercial van terlaris dengan total penjualan mencapai 6,204 juta unit di 150 negara. Sering kebutuhan pelanggan desain terus berkembang dari masa kemasa dari cargo transportation menuju human transportation.
Hiace premio ini dirancang untuk lebih mengakomodasi peningkatan kebutuhan penggunanya sebagai kendaraan commuter. Desain Hiace premio didasarkan pada konsep mewah dan kuat. Perbedaan mencolok dibandingkan varian terletak pada tampilan bagian depan yang menggunakan model semi bonnet. Ini membuat mobil premium tampil jauh lebih modern dan senyap dibandingkan varian commuter.   
Secara dimensi Hiace premo juga jauh lebih besar sehingga kabinet jauh lebih luas dan nyaman. Mobil ini panjangnya 5.915 mm dibandingkan varian commuter 5.380 mm. Lebar mencapai 1.950 mm dibanding varian commuter yang memiliki lebar 1.880 mm. Tinggi sedikit berkurang menjadi 2.280 mm dibanding varian commuter dengan tinggi 2.285 mm dengan jarak sumbu roda 3.860 mm menjadi hiace  lebih stabil.
Kabin juga dirancang untuk memuat 12 kursi penumpang sehingga terasa lapang. Interior di desain dengan nuansa mewah dan elegan. Warna dan pola dari setiap perlengkapan kabin mobil ini semuanya dipadukan untuk menciptakan ruangan perjalanan yang lapang dan nuansa terbuka, dengan tetap menjaga prinsip fungsional menggunakan mesin 1GB FTV 4 silinder, output maksimum mencapai 156,4 PS dan daya angkat atau torsi 42,8 KGM. Suspensi depan menggunakan Macpherson struit atau coil dan suspensi belakang per daun.
 “Sebagai human transport faktor keselamatan menjadi salah satu keunggulan Hiace premo. Mobil ini ditopang fitur keselamatan yang lengkap baik bersifat aktif maupun pasif untuk memberikan rasa aman kepada pengguna,” jelasnya.
 Mobil ini juga menggunakan hill start assist yang berfungsi mencegah kendaraan mundur secara tidak terkendali pada saat parkir atau memulai perjalanan di lintasan yang mendaki. Sistem pengeremannya juga menggunakan anti lock braking system untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang jika terjadi kecelakaan. Mobil juga dilengkapi fitur keselamatan pasien seperti 3 point seat belt di semua kursi dan dual SRS airbags.*dik
BAGIKAN