Hadapi Resesi, Lima Hal Ini yang harus Dilakukan

Menghadapi resesi yang terjadi pada 2020 diharapkan 5 upaya ini harius dilakukan.

Denpasar (bisnisbali.com) –Menghadapi resesi yang terjadi pada 2020 diharapkan 5 upaya ini harius dilakukan. Seperti disampaikan Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira. 5 upaya itu di antaranya:

1. Universal basic income segera, setiap penduduk yang terancam di PHK, kehilangan pendapatan harian diberikan stimulus bantuan tunai minimal Rp1-2 juta per orang dewasa. Dana berasal dari APBD, maupun APBN
2. Pemerintah harus sediakan pasokan kebutuhan pokok untuk masyarakat rentan miskin dan miskin.
3. Potong gaji pejabat, menteri, KSP, anggota DPR, direksi dan komisaris bumn. Total akan terkumpul Rp2,6 triliun jika dipangkas 50 persen dalam setahun.
4. Bantuan untuk petugas medis berupa tambahan bonus gaji hingga Rp3-4 juta per bulan, karena mereka berada di garis terdepan dan rentan terpapar virus.
5. Naikan pajak orang kaya untuk menutup defisit APBN. Dan anggaran ini bisa membantu recovery ekonomi pasca- covid19. Sumbangan pajak orang kaya baru mencapai 0,8 persen dari total penerimaan pajak, padahal mereka memiliki harta lebih dari Rp1.884 triliun per 2019 menurut Forbes.*dik

BAGIKAN