Gunakan Buah Lokal, Akomodasi perlu Kejelasan Sistem Pembelian

Akomodasi di Bali tentunya sangat siap menggunakan hasil produksi buah lokal.

BUAH LOKAL- Produk pertanian lokal untuk konsumsi sektor pariwisata.

Mangupura (bisnisbali.com)-Akomodasi di Bali tentunya sangat siap menggunakan hasil produksi buah lokal. Sekretaris PHRI Kabupaten Badung, Gede Sukarta, Kamis (28/11) mengatakan pengelola akomodasi tentu harus sistem pembelian buah lokal baik melalui pasar ataupun langsung ke petani lokal.

Ia mengatakan pariwisata khususnya pasti mendukung sektor pertanian dan perkebunan lokal. Akomodasi di Bali tentu membutuhkan semua produk pertanian dan perkebunan.
Ia menjelaskan vendor yang selama ini bekerjasama dengan akomodasi memerlukan kejelasan mendapatkan supply buah lokal. Pemerintah perlu memperhatikan rantai pemasaran buah lokal.

Menurutnya, Vendor yang selama ini membantu akomodasi di Bali perlu dicatat. Pemerintah perlu mengundang vendor tersebut untuk mendengarkan pemaparan pemerintah bagaimana mendukung sumber buah lokal.Lebih lanjut dikatakannya, akomodasi memerlukan sistem yang terintegrasi dengan sistem masing-masing property. Pengelola akomodasi bisa membeli langsung ke pasar hanya dilakukan saat saat tertentu saja dan hanya untuk mengecek dan komparasi harga.
Gede Sukarta yang juga, Ketua Bali Vila Association menilai pengelola akomodasi yang ingin membeli buah lokal langsung ke petani bisa melalui vendor. Para vendor produk pertanian lokal ini tentu sudah punya sistemnya.

Gede Sukarta menambahkan untuk menyerap produk pertanian lokal pemerintah perlu membuat regulasi yang mewajibkan hotel dan restoran membeli buah lokal. Bali sudah memiliki perda buah lokal mesti diberlakukan secara konsisten.

” Pempov Bali juga harus membuat regulasi pembatasan masuk buah dari luar Bali,” tegasnya. *kup

BAGIKAN