Gugus Tugas Pasar Wajib Ingatkan Penerapan Protokol Kesehatan  

Dalam penerapan tatanan kehidupan normal baru, Diperindag Gianyar sudah membentuk gugus tugas pandemi Covid-19.

Gianyar (bisnisbali.com) –Dalam penerapan tatanan kehidupan normal baru, Diperindag Gianyar sudah membentuk gugus tugas pandemi Covid-19. Kadis Perindag Kabupaten  Gianyar Luh Gde Eka Suary, Selasa (28/7) mengatakan gugus tugas pasar wajib selalu mengingatkan penjual dan pembeli di pasar menerapkan protokol kesehatan dalam tatanan new normal.

Diungkapkannya, penerapan protokol kesehatan di pasar-pasar umum di Kabupaten Gianyar sudah cukup maksimal. Masing-masing pasar sudah memiliki gugus tugas intern penanganan Covid-19 dengan kepala pasar sebagai ketuanya. “Gugus tugas pasar ini selalu mengingatkan penerapan protokol kesehatan di lingkungan pasar,” ucapnya.

Ia menjelaskan khusus untuk Pasar Gianyar, dengan jumlah pedagang sekitar 1.885 pedagang. Saat ini mulai beroperasi sekitar pukul 07.00 Wita sampai pukul 14.00 Wita. Saat ini terdapat 9 wastafel atau bak cuci tangan yang diletakkan di tempat-tempat strategis, pedagang diatur jaraknya dan di masing-masing pintu masuk (4 pintu masuk) terdapat petugas dengan membawa thermogun untuk mengecek suhu tubuh masyarakat yang keluar masuk pasar.

“Kami sudah memiliki posko di masing-masing pasar dengan kepala pasar sebagai ketuanya, selain  sarana prasarana protokol kesehatan yang cukup lengkap, tiap pagi kami menginstruksikan kepala pasar untuk tetap mengedukasi warga di pasar tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan,” jelas Eka Suary.

Kepala pasar Umum Gianyar Nengah Nama Artawa menambahkan, khusus untuk pintu satu pihaknya lebih banyak menyediakan petugas untuk mengukur suhu pengunjung pasar. Ini mengingat di pintu satu difungsikan untuk pedagang lapak atau pasar bebas. “Karena akses masyarakat lebih banyak lewat di sana,” ucap Artawa. *kup

BAGIKAN