Gubernur Koster Ingin Kerja Sama Bali dengan Jepang Kembangkan Energi Bersih

Gubernur Bali Wayan Koster mengharapkan hubungan kerja sama yang baik antar-Jepang-Indonesia dan Bali khususnya tetap terjaga di masa-masa mendatang.

Gubernur Bali Wayan Koster saat menerima Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Denpasar di Jaya Sabha, Denpasar, Selasa (12/1).

Denpasar (bisnisbali.com) – Gubernur Bali Wayan Koster mengharapkan hubungan kerja sama yang baik antar-Jepang-Indonesia dan Bali khususnya tetap terjaga di masa-masa mendatang. Banyak potensi kerja sama yang bisa ditingkatkan ke depan, salah satunya penyediaan energi bersih berkelanjutan serta teknologi transportasi ramah lingkungan.

“Bali kini sangat berkepentingan dengan pengembangan energi bersih yang berkelanjutan serta transportasi ramah lingkungan melalui penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai. Jepang kita ketahui sangat maju di bidang tersebut,” ungkap Gubernur Koster saat menerima Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Denpasar, Ms. Katsumata Harumi di Jaya Sabha, Denpasar, Selasa (12/1).

Selama ini jalinan kerja sama sangat baik kedua negara (Jepang-Indonesia) di antaranya terkait bidang pariwisata, ekonomi, pendidikan dan lainnya. “Saya harapkan ke depannya bisa ditingkatkan lagi karena secara budaya Jepang dan Bali ada kemiripan, dan masyarakat Jepang pun sangat menghargai budaya yang ada di Bali,” kata Gubernur Koster.

Dalam kesempatan ini Gubernur Koster juga menjelaskan, terkait penanganan pandemi Covid-19,  Bali sangat konsen dalam penanganan dan pengendalian Covid-19 dengan melakukan pengetatan protokol kesehatan. ”Angka-angka (penanganan-red) kita terus membaik. Pencapaiannya sangat baik dibandingkan daerah lain di Indonesia. Kasus baru cukup terkendali, tingkat kesembuhan di atas 90 persen yang merupakan tertinggi di Indonesia dan tingkat kematian sangat rendah,” jelas Gubernur Koster.

Dikatakan Gubernur lulusan ITB Bandung ini, keberhasilan pengendalian tersebut tak lepas dari pelibatan seluruh sektor dan pihak berkepentingan di Bali. “Di Bali sejauh ini masyarakatnya sangat tertib. Kita juga terapkan nilai-nilai kearifan lokal, melibatkan desa adat dalam bagian pengendalian dan penanganan Covid-19. Hal ini bahkan mendapat pujian dari Bapak Presiden karena hasilnya cukup baik,” imbuhnya.

Selanjutnya mantan anggota DPR RI tiga periode menyinggung soal rencana ke depannya terkait penambahan rute penerbangan langsung Denpasar – Tokyo guna memudahkan lagi kunjungan warga Negeri Sakura tersebut ke Bali.

“Saya sudah diskusi dengan Duta Besar Jepang dan pihak maskapai Garuda. Semoga bisa terlaksana setelah kita selesaikan masalah pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Sementara itu Konjen Harumi yang sekaligus hadir memperkenalkan diri sebagai Konjen yang baru, mengaku sangat terkesan dengan pola penanganan dan pengendalian Covid-19 di Bali, yang menurutnya sangat baik.

“Inisiatif yang dilaksanakan Bapak Gubernur sangat membantu mencegah penyebaran Covid-19 secara masif. Saya pastikan warga kami yang masih stay di Bali akan dengan tertib menjalankan peraturan serta imbauan yang dikeluarkan pemerintah Provinsi Bali. Keselamatan adalah prioritas kami,” tegas Konjen Harumi.

Mantan Duta Besar Jepang untuk Vanuatu ini juga akan memastikan Bali tetap jadi salah satu tujuan wisata utama bagi warga Jepang yang akan berlibur. “Bali kaya dengan budaya dan seni, alamnya juga sangat indah. Banyak sekali warga Jepang yang sangat cinta dengan Bali, dan saya akan lakukan hal terbaik untuk membantu memulihkan Bali nantinya,” katanya. *ad

BAGIKAN