Giri Prasta Hadiri Tawur Balik Sumpah di Pura Sakti Banjar Pande Mengwi

Serangkaian karya mamungkah, ngenteg linggih lan tawur balik sumpah di Pura Sakti Banjar Pande Mengwi, Desa Adat Mengwi yang jatuh pada Saniscara Kliwon wuku Wayang pada hari Sabtu, 16 November mendatang,

KARYA - Bupati Giri Prasta hadiri Karya Tawur Balik Sumpah Di Pura Sakti Banjar Pande Mengwi, Minggu (11/11).

Mangupura (bisnisbali.com) –Serangkaian karya mamungkah, ngenteg linggih lan tawur balik sumpah di Pura Sakti Banjar Pande Mengwi, Desa Adat Mengwi yang jatuh pada Saniscara Kliwon wuku Wayang pada hari Sabtu, 16 November mendatang, pada Minggu (11/11) dilaksanakan karya Tawur Balik Sumpah yang dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Penglingsir Puri Ageng Mengwi AA Gede Agung.

Pelaksanaan upacara tawur balik sumpah ini dipuput oleh tiga sulinggih yakni Ida Pedanda Siwa dari Griya Dalem Sibang, Ida Pedanda Buda dari Griya Gunung Saru Ubud dan Rsi Bujangga dari Br. Lambing Sibang. Dalam Pelaksanaan tawur Balik Sumpah Bupati Badung Giri Prasta melakukan pesembahyangan bersama kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan menyerahkan dana bantuan keuangan khusus (BKK) Tahun 2019 Rp 1 M untuk pelaksanaan upacara.

Bupati Badung Giri Prasta dalam sambutannya mengatakan kehadirannya atas nama Pemerintah Kabupaten Badung di tengah masyarakat adalah untuk menyaksikan dan mendoakan seluruh rangkaian upacara di Pura Sakti Banjar Pande Mengwi, Desa Adat Mengwi. “Kehadiran kami di sini bersama-sama Komisi III DPRD Badung yang membidangi keuangan daerah adalah untuk menyaksikan dan mendoakan upacara seperti ini sekaligus menyaksikan implementasi dari pada kebijakan politik anggaran yang sudah dibuat,” terang Bupati Giri Prasta.

Lebih lanjut Giri Prasta juga memberi apresiasi terhadap pembangunan Pura Sakti yang sudah selesai dengan baik dan bagus, bahkan sudah menggunakan konsep berupa Tri Mandala, Utamaning Mandala, Madya Mandala dan Sorning Mandala. Ke depannya Bupati mengharapkan kepada pengempon pura disini tidak lagi mengeluarkan biaya untuk perbaikan pura karena Pemerintah akan meringankan beban yang dikeluarkan masyarakat sehingga masyarakat bisa menggunakannya untuk keperluan lainnya, hal ini akan berimbas menurunkan kemiskinan hingga menjadi nol persen. “Saya berharap kegiatan upacara yadnya ini berjalan dengan baik dan lancar serta kebersamaan dan kesejahteraan masyarakat lebih meningkat,” ujar Giri Prasta.

Sementara itu Wakil Manggala Karya I Made Sudana mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang sudah mendukung kegiatan ini berupa proposal pembangunan dana hibah Bupati Badung Rp 1,2 M. Dana ini digunakan untuk membangun Pelinggih Plepeh Sari, penyengker, candi bentar berjumlah tiga, apit surang, balai gendongan, pelinggih Wisnu, pelinggih Indrablaka dan sambiangan Indrablaka. Dengan bantuan yang diberikan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta sangatlah meringankan beban masyarakat di Br.Pande sehingga masyarakat di sini mengeluarkan sedikit biaya swadaya dan gotong royong berupa tenaga. “Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada kami, bantuan ini sangatlah meringankan beban kami khususnya di Banjar Pande,”kata I Made Sudana.

Turut hadir pada kesempatan tersebut anggota DPRD Bali I Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD I Nyoman Satria, Kabag Humas Setda Badung Made Suardita, Camat Mengwi I Gsti Ngr. Gede Jaya Saputra, Pj. Perbekel Ida Bagus Suryana, Bendesa Adat Mengwi AA Gede Gelgel beserta seluruh tokoh masyarakat setempat. *sar

BAGIKAN