Gianyar Implementasikan Kabupaten Peduli HAM

PENGHARGAAN - Wabup Gianyar Anak Agung Gde Mayun menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM yang diserahkan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.

Gianyar (bisnisbali.com) Kabupaten Gianyar sudah berhasil mengimplementasikan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Demikian disampaikan Wabup Gianyar Anak Agung Gde Mayun di sela-sela menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM yang diserahkan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati di Gedung Wiswasaba Utama Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Senin (14/12).

Anak Agung Gde Mayun menyampaikan, penghargaan ini diberikan atas upaya Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam membina dan mengembangkan kabupaten yang peduli HAM berdasarkan capaian implementasi HAM. Gianyar dinilai sudah memenuhi implementasi HAM, antara lain hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak serta hak atas lingkungan yang berkelanjutan. Dari  indikator penilaian tersebut, Gianyar memperoleh nilai 86,86, tertinggi di antara kabupaten/kota di Bali yang saat bersamaan juga meraih penghargaan serupa.

Kepala Kantor  Wilayah Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk dalam kesempatan itu menyatakan, pemberian  penghargaan dalam rangka memperingati Hari HAM se-Dunia ke- 72 bertujuan  menambah semangat kerja dan memotivasi kabupaten/kota untuk lebih maksimal memberi pelayanan kepada masyarakat khususnya berbasis HAM. “Penghargaan ini untuk memotivasi pemerintah daerah kabupaten atau kota untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM serta untuk meningkatkan sinergitas satuan kerja perangkat daerah,” ucapnya.

Ada pun kriteria yang ditetapkan ada tiga, yaitu kabupaten peduli HAM, kabupaten cukup peduli HAM dan kabupaten kurang peduli HAM. Dengan demikian Kabupaten Gianyar menjadi salah satu penerima pada kriteria paling tinggi yang diserahkan serentak di seluruh Indonesia.

Sebelum penyerahan penghargaan di masing-masing daerah, dilaksanakan kegiatan secara virtual serentak bagi kabupaten/kota di Indonesia yang meraih penghargaan yang mana  Presiden RI Joko Widodo memberikan kata sambutan. *kup

BAGIKAN