Gerai Buah dan Sayur Suplay Produk Petani Lokal

Pandemi Covid-19 yang mematikan pariwisata Bali membuat serapan produk pertanian tidak maksimal.

GERAI - Sayur dan buah lokal yang dijual di gerai buah di wilayah Canggu.

Denpasar (bisnisbali.com) –Pandemi Covid-19 yang mematikan pariwisata Bali membuat serapan produk pertanian tidak maksimal. Dalam situasi sulitnya petani memasarkan produk yang dihasilkan, ekspatriat pun menjadi harapan.

Itu pula dilakukan salah satu gerai buah dan sayur, Delifarm yang berada di wilayah Canggu. Swalayan yang juga menjual kebutuhan pokok sehari-hari ini berupaya menjembatani hasil produk pertanian masyarakat, dengan pasar espatriat yang ada di Bali.

Owner Delifarm Bali, Metha Utama, saat ditemui belum lama ini, mengatakan gerai ini sengaja dibangun di tengah pandemi Covid-19 yang hampir semua sektor perekonomian tidak bergerak. Menurutnya, hal ini dilakukan agar para petani bisa menjual produknya ke pasar yang lebih luas lagi. “Selama ini, produk pertanian tidak terserap maksimal karena banyak restoran dan hotel yang tutup, namun pasar ekspatriat masih ada, maka kami berusaha menjembatani para petani dan para ekspatriat ini,” jelasnya.

Untuk jenis produk yang disediakan, Metha mengakui pihaknya menyediakan beragam jenis produk pertanian, seperti sayuran dan buah yang berasal dari kawasan Pancasari Buleleng. Selain itu, Delifarm dikatakan Metha, juga menyediakan beragam jenis buah impor dan produk bahan makan harian lainnya.

Disinggung soal harga, dikatakannya, meski berlokasi di kawasan ekspatriat, namun Delifarm tidak mematok harga yang tinggi. “Harga produk pertanian yang kami sediakan cukup terjangkau dan hampir sama dengan harga di pasar tradisional, bahkan jika kondisi tertentu kami bisa menjualnya dengan harga lebih murah,” paparnya.

Meskipun konsepnya hampir sama dengan gerai sayur dan buah lainnya, namun Delifarm diakuinya memiliki konsep yang cukup berbeda. Yakni pihaknya berusaha menyediakan sayuran segar yang harus habis pada hari itu juga. “Sehingga ketika sore hari, kami akan memberikan diskon pada produk sayuran ataupun buah segar, sehingga besoknya bisa ready stok produk baru,” tambahnya. *wid

BAGIKAN