Generasi Muda Kembangkan Potensi Wisata Pantai Cinta

DI tengah pandemi Covid-19 beragam potensi desa yang ada di Kabupaten Tabanan banyak bermunculan sebagai tujuan wisata baru.

PANTAI CINTA - Pantai Cinta ramai dikunjungi anak muda.

DI tengah pandemi Covid-19 beragam potensi desa yang ada di Kabupaten Tabanan banyak bermunculan sebagai tujuan wisata baru. Salah satunya, Pantai Cinta yang merupakan pengembangan dari wisata Pantai Kedungu berlokasi di Banjar Kedungu, Desa Belalang, Kecamatan Kediri. Pantai ini menawarkan menikmati keindahan panorama sunset dari atas bukit.

Perbekel Desa Belalang, I Made Mustika, S.H., Senin (28/12), mengungkapkan, Pantai Cinta berada di bagian timur Pantai Kedungu. Kawasan pantai merupakan lahan kosong dengan luasan mencapai 1 hektar dan belum dibangun oleh investor. Oleh anak-anak muda di Banjar Kedungu termasuk juga pekerja di sektor pariwisata yang dirumahkan karena terdampak pandemi Covid-19, lahan kosong tersebut dimanfaatkan sebagai tempat wisata baru di kawasan Pantai Kedungu.

Lahan kosong tersebut kemudian ditata dan dimanfaatkan generasi muda setempat untuk membuka usaha dengan memanfaatkan view pantai dan panorama sunset pada sore hari sebagai nilai jual ke wisatawan yang datang ke Pantai Cinta. “Saat ini objek wisata baru ini justru malah lebih ramai dikunjungi dibandingkan wisata Pantai Kedungu yang berada di bawah,” tuturnya.

Seiring dengan gencarnya promosi di media sosial, dibarengi dengan dibuatnya sejumlah titik untuk berswafoto (selfie) dan ayunan berukuran besar sebagai daya tarik wisata, membuat jumlah kunjungan wisatawan ke Pantai Cinta cukup banyak. Kata dia, sebagian besar pengunjung merupakan kalangan anak muda yang ingin bersantai menikmati keindahan panorama sunset dari atas bukit.

Dijelaskannya, saat ini rata-rata jumlah kunjungan wisatawan ke Pantai Cinta ini mencapai seratus orang per hari, bahkan bisa tembus hingga 300 orang pada hari Minggu. Seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, desa adat juga memperoleh pendapatan khususnya yang bersumber dari parkir dan kontribusi bagi anak-anak muda yang berjualan di kawasan Pantai Cinta. “Saat ini kami sudah memiliki badan pengelola untuk objek wisata pantai ini, sehingga nanti melalui badan pengelola ini penataan maupun pengembangan objek wisata akan terus diupayakan berkelanjutan,” tandasnya.*man

BAGIKAN