Gencarkan Promosi

PANDEMI Covid-19 juga berdampak terhadap perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PANDEMI Covid-19 juga berdampak terhadap perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Agar mampu bertahan, sejumlah pelaku UMKM menyediakan beragam promosi menarik.

Owner Purnama Cake & Chocolate, Ida Ayu Made Purnamaningsih mengatakan pandemi Covid-19 telah menurunkan omzet. Sejauh ini penurunannya telah mencapai 60 persen. Meski demikian, tokonya tidak pernah ditutup, karena pihaknya masih optimis pelanggan masih ada. Untuk itu, banyak promo yang dia berikan. Pihaknya juga melakukan beberapa kerja sama guna mendapatkan customer.

“Bisnis yang saya lakoni berdasarkan hobi, jadi bebannya masih bisa dipikul. Dan selalu ada semangat untuk menumbuhkan kreativitas apa pun. Ide bisa dicuri, tapi kreativitas dalam diri tidak akan pernah mati. Strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan adalah dengan membuat promo, memberikan diskon ataupun rewards kepada pelanggan. Contohnya, setiap awal atau akhir bulan, kami memberikan promo membeli dua brownies mendapat satu brownies gratis. Ada juga, bagi pelanggan yang melakukan pembelian ke toko, akan diberikan diskon 10 persen,” ujar Ida Ayu.

Selain promosi tersebut, adanya kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan pembelian melalui aplikasi ojek online. Purnama Cake & Chocolate sudah membangun kerja sama dengan ojek online. Sebelum pandemi, banyak kerja sama yang dilakukan dengan pihak hotel dan ikut dalam event-event sebagai ajang promosi. Namun, sekarang promosi dilakukan melalui media sosial saja.

Jumlah karyawan tetap yang dimiliki ada 2 orang dan terkadang menggunakan jasa freelance yang dibayar per jamnya. Dengan kondisi seperti sekarang, diusahakan tidak merumahkan karyawan. Hanya jam kerjanya yang diatur. Biasanya toko buka dari 08.00 Wita sampai 20.00 Wita. Namun saat ini buka mulai pukul 10.00 Wita sampai 17.00 atau 18.00 Wita.

Menu-menu yang disuguhkan sangat menarik dan yang best seller adalah brownies jagung rendah kalori dan brownies coklat. Selain itu, terdapat pula beberapa jenis kue, seperti muffin, cup cake, kue tart dan dessert box. Kesemuanya sudah lulus uji laboratorium. Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) sudah keluar sejak tahun 2017.

“Walaupun toko tetap dibuka selama pandemi, kami di sini tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menyiapkan fasilitas cuci tangan di depan toko dan hand sanitizer serta wajib menggunakan masker, baik untuk karyawan ataupun pembeli. Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada pemerintah atas bantuannya, dan semoga kedepannya pemerintah mampu mendukung umkm seperti kami ini dengan mengeluarkan program-program yang membantu. Selain itu, saya juga ingin menyemangati sesame umkm diluar sana, agar tetap berkreativitas dan jangan sampai putus asa,” ujarnya. *git

BAGIKAN