Gedung Baru LPD Medewi Diresmikan

Bertepatan dengan rahina Sukra Umanis Ukir, gedung baru LPD Desa Adat Medewi, Kecamatan Pekutatan, Jembrana Diresmikan.

LPD - Peresmian gedung baru LPD Desa Adat Medewi oleh Bupati Jembrana I Putu Artha bersama Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Jumat (27/12).

Negara (bisnisbali.com) –Bertepatan dengan rahina Sukra Umanis Ukir, gedung baru LPD Desa Adat Medewi, Kecamatan Pekutatan, Jembrana Diresmikan. Peresmian gedung berlantai dua yang berlangsung, Jumat (27/12) lalu ini dilakukan Bupati Jembrana I Putu Artha bersama Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan.

Kepala LPD Desa Adat Medewi I Gusti Ngurah Kade Sukadana saat ditemui pada sela-sela acara mengatakan, pembangunan gedung baru berlantai dua ini menghabiskan dana Rp1,8 miliar. Bangunan tersebut juga dilengkapi pelinggih Sang Hyang Sri Sedana, pelinggih penunggun karang serta tembok pembatas. “Dana tersebut berasal dari modal LPD Desa Adat Medewi,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, pembangunan gedung baru dilakukan berdasarkan hasil keputusan pada rapat prajuru adat dengan pertimbangan bangunan yang lama sudah sangat sempit, sehingga membuat pelayanan kurang optimal. Dengan berdirinya gedung baru LPD Desa Adat Medewi ini, diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta membuat kepercayaan masyarakat makin meningkat.

Terkait perkembangan LPD Desa Adat Medewi, Gusti Sukadana mengatakan, hingga November 2019 aset yang dimiliki telah mencapai Rp21 miliar. Sementara laba yang sudah mampu dikumpulkan telah mencapai Rp854 juta.

Bendesa Asat Medewi Gusti Kade Wenia mengatakan, kontribusi LPD Desa Adat Medewi kepada desa adat sangat luar biasa. Keberadaan LPD bisa menjadi pralaba desa dengan dana-dana yang diberikan mampu untuk menunjang kegiatan-kegiatan masyarakat, di samping dana yang juga didapatkan dari pemerintah kabupaten. “Kami sebagai pengayah di desa adat berharap dukungan dari semua pihak terhadap keberadaan LPD terus ditingkatkan,” ungkapnya.  Sementara itu, Bupati Jembrana I Putu Artha mengaku sangat mengapresiasi dari apa yang telah dilaporkan oleh Kepala LPD Medewi dengan aset dan laba yang didapatkan.

Ia berharap agar perolehan ini terus ditingkatkan, terutama peredaran dana yang hendaknya ditambah lagi.  “Di samping itu, LPD juga harus mengutamakan umat, yang bukan semata-mata mengejar profit. Karena tujuan LPD ada 2 yaitu mencari keuntungan dan bagaimana dia mampu mengamong masyarakat,” ungkapnya.  Lebih lanjut ditambahkannya,  LPD juga harus siap membantu masyarakat yang kekurangan dana, seperti dana pendidikan atau sebagainya. Namun juga tetap meminta jaminan dalam artian prinsip kehati-hatian tetap dijalankan. *wid

BAGIKAN