Gebyar Undian Berhadiah Meriahkan LPJ LPD Sukahet, Serahkan Dana Pembangunan Rp280 Juta  

LPD Desa Adat Sukahet, Karangasem menggelar laporan pertanggungjawaban (LPJ) tutup buku tahun 2019.

DANA - Kepala LPD Desa Adat Sukahet I Gusti Lanang Agung Indra Gunawang (kanan) menyerahkan dana pembangunan kepada Bendesa Adat Sukahet.

LPD Desa Adat Sukahet, Karangasem menggelar laporan pertanggungjawaban (LPJ) tutup buku tahun 2019. Acara yang digelar, Sabtu (11/1) bertempat di wantilan desa adat setempat, juga dirangkaikan dengan gebyar undian berhadiah.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karangasem, Kepala Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD dan Ketua Badan Kerja Sama (BKS) LPD Kabupaten Karangasem, unsur kecamatan dan desa, rekanan LPD serta kepala LPD se-Kabupaten Karangasem dan masyarakat Desa Adat Sukahet. Berbagai hadiah menarik diundi dalam kegiatan ini dengan hadiah utama 3 unit sepeda motor.

Kepala LPD Desa Adat Sukahet, I Gusti Lanang Agung Indra Gunawan, pada sela-sela acara mengatakan, gebyar undian berhadiah serta LPJ rutin dilakukan setiap tahun di awal tahun. Untuk tahun ini, pelaksanaan gebyar tidak dibarengi dengan ulang tahun, mengingat adanya kesibukan masyarakat pada Februari mendatang. “Tahun ini kita majukan perayaannya, karena bulan depan masyarakat disibukkan dengan acara lain,” ungkapnya, sembari mengatakan perayaan ulang tahun dilakukan pada Februari.

Dalam laporannya, Agung Indra memaparkan, aset yang dimiliki LPD Desa Adat Sukahet mencapai Rp52, 5 miliar dengan perolehan laba Rp1,4 miliar. Dengan demikian, LPD Desa Adat Sukahet mampu menyerahkan dana pembangunan kepada desa adat sebesar Rp280 juta. Penyerahan dana pembangunan langsung dilakukan dalam acara tersebut kepada bendesa adat setempat.

Ia menambahkan, dana masyarakat atau dana pihak ketiga (DPK) yang mampu dihimpun LPD Desa Adat Sukahet hingga akhir tahun 2019 yaitu Rp22,9 miliar berupa tabungan dan Rp22,9 miliar berupa deposito. Sementara kredit yang mampu disalurkan sebesar Rp41,6 miliar.

Selain melaksanakan undian berhadiah, pada LPJ ini juga dirangkaikan dengan penyerahan dana motivasi ke banjar-banjar, ke Pura Dalem, sekaa teruna, pemangku hingga pecalang. LPJ juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan dari penyanyi Bali dan lawak. *wid

BAGIKAN