Garap Peluang Akhir Tahun, Industri Pariwisata Prioritaskan Prokes

Momen liburan akhir tahun jadi peluang yang bisa digarap oleh pelaku pariwisata di Bali khususnya hotel dan vila dengan menyasar wisatawan domestik.

HOTEL - Aktivitas wisatawan di salah satu hotel di Canggu.

Denpasar (bisnisbali.com) – Momen liburan akhir tahun jadi peluang yang bisa digarap oleh pelaku pariwisata di Bali khususnya hotel dan vila dengan menyasar wisatawan domestik. Penerapan protokol kesehatan (prokes) menjadi prioritas untuk memberikan rasa aman dan daya tarik bagi wisatawan.

Seperti yang dikatakan I Komang Sudiyasa, Operator Manager Tapa Tepi Kali by Pramana, salah satu hotel di kawasan Canggu, Badung. Dikatakannya, penerapan prokes menjadi hal yang sangat penting di tengah pandemi covid-19 ini dalam rangka memberikan rasa aman kepada wisatawan. “Kami selalu menjalankan prokes sesuai anjuran pemerintah dan kami juga sudah lulus verifikasi prokes dari Kemenparekraf dan Scopindo dengan score 85 persen dikategori memuaskan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam situasi pandemi ini harus dapat dilalui dengan beradaptasi baik dan taat pada prokes. Untuk itu, di hotel yang dia kelola prokes jadi hal terdepan. Dalam penerapan prokes, pihaknya menyediakan fasilitas pendukung seperti tempat cuci tangan, pengecekan suhu tubuh baik pengunjung ataupun pekerja, penyediaan masker,  hand sanitizer dan sebagainya.

Terkait dengan peluang yang telah digarap pada akhir tahun ini, Sudiyasa mengatakan, pihaknya memaksimalkan wisatawan domestik yang hingga 1 Januari 2021 sudah full booking. Tentu dibandingkan dengan tahun sebelumnya perbedaan yang dialami sangat jauh yang tahun ini pihaknya memberi diskon hingga 50 persen. “Untuk promo yang kita berikan ada staycation, daycation, pool package, end of year sale, Christmaseve all u can eat dan New Year eve BBQ,” terangnya.

Hal senada diungkapkan, Sales & Marketing Kawi Resort by Pramana, Rossi Astagina. Pihaknya selaku penyedia tempat liburan tetap mentaati prokes sesuai imbauan pemerintah. Sementara untuk sasaran wisatawan yang masih pada lokal dan domestik, pihaknya lebih menyasar kaum milenial, couple dan keluarga.

“Akhir tahun ini kami buat dua event Sunday Funday dalam rangka liburan Natal dan malam Tahun Baru. Untuk tamu stay (menginap) kita tetep offer promo staycation dan day sweet escape dengan harga lebih tinggi dari bulan sebelumnya,” imbuh Rossi. *wid

BAGIKAN