Fokus Promosi Online

KONDISI perekonomian di berbagai sektor terdampak pandemi Covid-19.

Monica Rani

KONDISI perekonomian di berbagai sektor terdampak pandemi Covid-19. Bisnis kue yang biasanya memiliki banyak peminat juga harus merasakan dampaknya. Sebab, aktivitas masyarakat dibatasi. Guna mensiasatinya, promosi pun gencar dilakukan melalui online.

Owner MoniQue’s Cake & Tart Monica Rani mengatakan, pihaknya telah menutup dua outlet kue yang berlokasi di kawasan wisata di Badung. Kini, outlet yang dibuka hanya dua buah yang bertempat di daerah Denpasar. Selama pandemi, penurunan omzet hampir 50 persen.

“Jumlah orderan menurun drastis. Jadi, promosi yang saya lakukan fokus ke online. Kalau tidak begitu, bertahan saja mungkin tidak bisa. Setidaknya dengan cara ini biaya operasional tertutupi dan karyawan tetap bisa bekerja,” ujarnya.

Awalnya dia tidak terlalu aktif di media sosial (medsos), karena biasanya customer yang datang sendirinya. Namun, dengan batasan yang diberikan pemerintah akibat pandemi dan dalam rangka mematuhi protokol kesehatan, maka pihaknya gencar berpromosi di medsos.

Lebih lanjut Monica Rani menjelaskan, sebelum pandemi omzet banyak didapat melalui event seperti wedding party dan birthday party. Orderan semacam itu masih ada hingga sekarang, tetapi ukuran kue yang dipesan lebih kecil karena tidak mengundang banyak orang. Selain kue untuk acara-acara seperti itu, kreativitas lainnya dihadirkan dalam bentuk membuat pia dengan berbagai rasa, donat dan yang paling best seller adalah black forest.

“Tidak bisa dipungkiri dalam bisnis kuliner terutama membuat kue sudah banyak diminati. Ditambah kondisi pandemi, yang membuat banyak orang berkreativitas membuat kue sendiri dari rumahnya dan menjadikannya bisnis kecil-kecilan. Dengan fakta tersebut, yang saya lakukan adalah membuat sesuatu yang berbeda dari yang lain. Dominan bahan kue itu sama, yang bisa saya bedakan adalah servisnya. Karena cara pelayanan orang beda-beda, jadi saya berusaha memberikan servis yang baik kepada customer,” imbuhnya.

Pandemi memberikan pelajaran untuk berupaya dari segi yang berbeda. Contohnya, promosi online yang awalnya tidak terlalu diperhatikan sekarang sangat digencarkan. Selain itu, diberikan pula kesempatan untuk melakukan pembenahan outlet yang ada. Ke depannya, dua hal tersebut akan menjadi fokus utama para pebisnis. *git

BAGIKAN