Era Digitalisasi, Peluang Perempuan Bantu Ekonomi Keluarga

Peran perempuan dalam sektor ekonomi terutama meningkatkan ekonomi keluarga sangat besar di masa pandemi Covid-19.

WORKSHOP – Ketua TP  PKK Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara dalam sebuah workshop melalui webinar, Rabu (10/3) lalu.

Denpasar (bisnisbali.com) –Peran perempuan dalam sektor ekonomi terutama meningkatkan ekonomi keluarga sangat besar di masa pandemi Covid-19. Terlebih dengan adanya pergesaran gaya hidup dari manual ke digital saat ini diharapkan menjadi peluang bagi perempuan untuk membantu ekonomi keluarga.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara dalam sebuah workshop melalui webinar, Rabu (10/3) lalu. Menurutnya, pandemi Covid-19 memunculkan permasalahan sosial salah satunya ekonomi keluarga. Banyaknya masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) memengaruhi pendapatan keluarga. Oleh karenanya perempuan mempunyai peran penting dalam membantu ekonomi keluarga saat ini.

“Saat ini kaum perempuan tidak hanya sebagai ibu rumah tangga melainkan juga ikut berperan dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Pergesaran gaya hidup di tengah pandemi Covid-19 dari manual ke digital diharapkan menjadi peluang bagi perempuan dalam membantu ekonomi sehingga mampu berdikari,” ungkapnya.

Salah satunya, lanjut Ny. Antari, mengikuti pelatihan atau workshop melalui webinar. “Saya harap dengan mengikuti workshop seperti saat ini, dapat membangkitkan usaha rumah tangga baru. Terlebih lagi pemasaran usaha rumah tangga dapat dilakukan melalui internet sehingga langsung menjangkau para pembeli,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Workshop, dr. Decy Partiwi, mengatakan di masa pendemi Covid-19 sekarang ini pihaknya terus berupaya mengakhiri three ends (kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan manusia serta kesejangan ekonomi). Salah satunya dengan melaksanakan webinar mengangkat permasalahan-permasalahan terkait termasuk mencarikan solusi terhadap permasalahan tersebut dengan menghadirkan narasumber berkompeten. ‘’Seperti workshop melalui webinar ini, kami berharap perempuan dapat membantu ekonomi keluarga salah satunya dengan membuat kerajinan sederhana sehingga dapat dipasarkan,” ujarnya. *wid 

BAGIKAN