Ekonomi Naik Maupun Turun, UMKM Tetap Mitra Sejati BPR

Dalam pandemi Covid-19, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) tetap setia melayani masyarakat dan Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

BPR - BPR fokus melayani kebutuhan layanan keuangan masyarakat dan optimal menggarap sektor UMKM.

Denpasar (bisnisbali.com) –Dalam pandemi Covid-19, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) tetap setia melayani masyarakat dan Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Wakil Ketua DPD Perbarindo Bali, Gusti Ngurah Gede Budiawan, Minggu (6/9) mengatakan saat perekonomian naik atau perekonomian turun UMKM tetap akan menjadi mitra sejati BPR.

Diungkapkannya, dalam tatanan kehidupan era baru BPR tetap memperkuat jalanan mitra dengan masyarakat dan sektor UMKM. Ini dibuktikan BPR tetap setiap melayani masyarakat dan pelaku UMKM walaupun masih dihadapkan masa pandemi Covid-19.

Direktur Utama BPR Sadana ini menjelaskan  BPR terus berkomitmen dan berkolaborasi dengan pelaku UMKM, guna menjaga ketahanan ekonomi masyarakat  di saat pandemi Covid-19.

Ngurah Budiawan memaparkan justru di saat pandemi ini BPR hadir dan setia mendampingi UMKM. Ini dilakukan dengan penyaluran kredit modal kerja atau kredit produktif. “UMKM sebagai mitra BPR telah terbukti kuat dan tahan dalam situasi sulit apapun baik krisis ekonomi maupun kondisi Covid-19,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, UMKM terbukti tetap eksis walaupun terkena imbas pandemi Covid-19.  BPR tentu tetap fokus menggarap UMKM yang ada di Bali.

Menurutnya, dalam pandemi Covid-19 industri BPR mampu berinovasi produk dan servis di berbagai level sektor.  Dengan dukungan informasi digital, BPR akan makin dekat dengan UMKM maupun kalangan generasi milenial.

Ngurah Budiawan memastikan dalam tatanan era baru industri BPR terus memanfaatkan sarana digital untuk makin dekat dengan masyarakat dan UMKM. Ekspansi kredit dan tabungan diharapan menjadi gayung bersambut. “BPR dapat menangkap peluang ini dengan strategi yang lebih profesional dan milenial,” ucapnya.

BPR mesti tetap mengoptimal penggarapan sektor UMKM. Ini dikarenakan sektor UMKM tetap eksis walaupun terjadi gejolak ekonomi akibat pandemi covid maupun krisis ekonomi. *kup

BAGIKAN