Eka Wiryastuti, Tak Mau Pertaruhkan Warga dengan Wacana New Normal

Pemerintah Kabupaten Tabanan belum siap menuju era new normal atau berdamai dengan covid-19.

Tabanan (bisnisbali.com) –Pemerintah Kabupaten Tabanan belum siap menuju era new normal atau berdamai dengan covid-19. Kondisi tersebut menyusul masih mungkin adanya kasus baru disebabkan tranmisi lokal, terlebih lagi pascahari raya Idul Fitri dan kepulangan PMI.

“Persiapan menuju hal tersebut pasti tetap mengacu pada protap penanganan covid-19. Namun, saat ini saya belum melihat alasan yang jelas dan pasti menuju new normal,” kata Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, di sela-sela penyerahan paket sembako di Vihara Dharma Cattra, Tabanan.

Dia mencontohkan, pembukaan objek wisata pada saat era new normal nanti. Jika hal tersebut membahayakan mengingat potensi ancaman penyebaran covid menjadi tinggi, untuk apa dilakukan. “Saya bertahan dulu, sampai benar-benar ancaman penyebaran covid tidak ada, serta tidak adanya lagi potensi kontaminasi penyebaran virus terhadap masyarakat luar yang masuk ke Tabanan,” katanya.

Sekarang kan masih ada yang hasilnya negatif, namun kembali lagi menjadi positif covid. Ini artinya, belum ada yang bisa menjamin. “Saya tidak mau mempertaruhkan masyarakat dengan wacana new normal,” ujarnya.

Jelas Bupati, saat ini menjadi patokan untuk persiapan new normal sekaligus membuka objek wisata masih melihat perkembangan dari laporan Gugus Penanggulangan Covid-19. Laporan tersebut menjadi salah satu acuan untuk mencegah terjadinya transmisi lokal. Bercermin dari itu, katanya, wacana  new normal ini perlu pemikiran yang hati-hati, utamanya jika nanti mendatangkan wisatawan dari luar yang masuk ke Tabanan.

Selain itu, sambungnya, bila ingin sesuatu yang baru terjadi dan ingin normal, kembali lagi kepada masyarakat yang juga harus bisa memproteksi diri dan menciptakan keadaan normal itu secara bersama-sama. Katanya, pemerintah tidak bisa berjalan bila tidak di-support oleh rakyat, dan pihaknya yakin Tabanan ini luar biasa. Masyarakatnya sangat proaktif, sangat menjaga kesehatan dengan baik, dan mudah-mudahan bisa bersama-sama meningkatkan pertumbuhan dan ekonomi seperti sebelumnya.

“Saat ini kami sedang fokus untuk menata Tabanan, terutama pasca-Lebaran. Mudah-mudahan masyarakat di Tabanan ini taat tidak ada yang mudik, sehingga tidak muncul lagi kasus baru. Begitu juga PMI juga taat bisa isolasi mandiri dengan baik dan selalu menjaga imun tubuh,” tandasnya. *man

BAGIKAN