Tabanan (Bisnis Bali) – Maju sebagai calon Bupati Tabanan periode 2021-2024, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM. calon Bupati Tabanan yang diusung oleh partai PDIP merupakan seorang sosok yang memiliki keberpihakan lebih pada sektor pertanian di Kabupaten Tabanan. Kondisi tersebut sejalan dengan Tabanan yang merupakan sebagai sentra produksi pertanian, sehingga memposisikan Kabupaten Tabanan sebagai daerah lumbung pangan bagi Provinsi Bali selama ini.

Keberpihakan pada sektor pertanian di buktikan dengan salah satunya getol untuk memperjuangkan nasib petani, baik di lahan basah maupun kering. Tokoh tokoh PDIP asal Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken berupaya bagaimana membuat pelaku usaha pertanian di Kabupaten Tabanan bisa menikmati untung dari usahanya, di sisi lain kebutuhan petani untuk berproduksi bisa terpenuhi dengan baik. Atas kepedulian pada sektor pertanian, membuat Sanjaya diganjar Penghargaan Emas Adhi Bhakti Tani Nelayan Utama yang diberikan langsung oleh Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional pada ajang Pekan Daerah (Peda) KTNA ke-26 Petani Nelayan 2018 Provinsi Bali yang diselenggarakan di Lapangan Lumintang, Denpasar.

Selain kepedulian pada sektor pertanian, Sanjaya yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Tabanan juga memiliki segudang penghargaan yang diraih atas kinerjanya yang cukup gemilang selama posisi sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Tabanan selama dua periode. Penghargaan tersebut diantaranya, Great Support in Vovinam Development yang dianugerahi oleh Yayasan Citra Insani Jakarta pada 2012 lalu. Lanjut pada 2014 Sanjaya dianugerahi penghargaan Indonesian Achievement Award “Man Of The Year 2014” dari Yayasan Penghargaan Indonesia.

Di 2015, Sanjaya yang lulusan S3 Ilmu Agama Institut Hindu Dharma Negeri ini juga diganjar penghargaan Figure Achievement Economist of Indonesia 2014-2015 dari Yayasan Penghargaan Indonesia. Ditahun 2018, Dr. Sanjaya kembali dianugerahi penghargaan yang sangat bergengsi. Kali ini berupa penghargaan International Seminar Spirituality in 21th Century Speaker “Success in Life with The Power Dharma” dari Bhagavad Gita Movement of Indonesia. Di Tahun 2018 ini, Dr. Sanjaya juga dianugerahi dua penghargaan lainnya Great Support in Vovinam Development dari The 4th AVF Asian Vovinam Championship 2018 Committee.

Dilaur penghargaan-penghargaan tersebut, Ketua LSM Forkot Tabanan periode 2000 hingga saat ini juga seringkali diundang sebagai pembicara dalam kegiatan seminar baik di seputaran Tabanan, Bali maupun di beberapa daerah di Indonesia. Atas keaktifannya sebagai pembicara dalam sejumlah seminar, menghantarkan Dr., Sanjaya kembali diganjar penghargaan diantaranya penghargaan Pembicara/ Narasumber pada Rakerda I DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Tahun 2020 dari DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Timur, tahun yang sama mendapat Pembicara/ Narasumber pada Rakerda I DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan Tahun 2020 diberikan oleh DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Selatan, dan penghargaan sebagai Pembicara/ Narasumber pada Rakerda I DPD PDI Perjuangan Nusa Tenggara Timur (NTT) Tahun 2020 diberikan oleh DPD PDI Perjuangan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dr. Sanjaya juga tercatat aktif dalam berbagai organisasi. Yakni, saat ini tercatat setidaknya ada 18 organisasi yang pernah mendudukannya dalam posisi strategis. Seperti sebagai Ketua LSM Forkot Tabanan dari tahun 2000 sampai sekarang. Dalam dunia kepartaian ia pernah duduk sebagai Anak Ranting PDIP Banjar Dauh Pala dari tahun 2000-2005, Bendahara PAC PDIP Tabanan dari tahun 2005 hingga 2010 dan Ketua DPC PDIP Tabanan dua periode berturut-turut. Yakni dari tahun 2015-2019 dan 2019-2024.

Dr. Sanjaya juga pernah dipercaya sebagai Wakil Ketua KNPI Tabanan pada periode 2005-2010, Ketua KONI Tabanan periode 2010-2015 dan Ketua POBSI Tabanan periode 2005-2010. Beberapa organisasi lainnya yang masih dijabatnya hingga saat ini sebagai berikut. Ketua PMI Tabanan, Ketua BNK Tabanan dan Ketua Komisi Penanggulangan Aids Daerah Kabupaten Tabanan. Dr. Sanjaya juga tercatat sebagai pendiri Forum Bhinneka Tunggal Ika Tabanan, pembina Flobamora Tabanan dan pembina Baitul Muslimin (Bamusi) Tabanan.

Dibidang komunikasi ia juga duduk sebagai pembina ORARI dan RAPI Tabanan, Ketua Umum Porprov Tabanan 2019, Ketua Umum Panitia Karya Agung Pengurip Gumi Pura Luhur Batukau 2019, dan Penyegjeg Desa Adat Kota Tabanan 2019 – sekarang. *man

BAGIKAN