Distribusi Kartu Tani Sasar Tiga Kecamatan di Tabanan  

Setelah mendapat lampu hijau dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di masing-masing desa di Kabupaten Tabanan untuk titik pendistribusian Kartu Tani ke petani, Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan segera melakukan distribusi kartu dari program pemerintah pusat ini ke tiga kecamatan

PETANI – Petani di Tabanan menanam padi.

Tabanan (bisnisbali.com) –Setelah mendapat lampu hijau dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di masing-masing desa di Kabupaten Tabanan untuk titik pendistribusian Kartu Tani ke petani, Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan segera melakukan distribusi kartu dari program pemerintah pusat ini ke tiga kecamatan. Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian (Distan) Tabanan, I Gusti Putu Wiadnyana, di Tabanan, Selasa (20/10) kemarin, mengungkapkan, mulai Minggu ini Kartu Tani kembali didistribusikan menyasar tiga kecamatan yakni Kediri, Marga, dan Kerambitan.

Di Tabanan, tiga kecamatan tersebut sebelumnya belum tersentuh pendistribusian Kartu Tani karena penyalurannya yang harus dilakukan secara bertahap mengingat total jumlah kartu cukup banyak. Selain itu, kasus Covid-19 di Tabanan yang mengalami tren peningkatan, hal tersebut membuat kegiatan yang memicu kerumunan masa salah satunya pendistribusian Kartu Tani di hindari sementara waktu.

“Kini dengan adanya lampu hijau setelah sebelumnya gencar lakukan koordinasi dengan tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di masing-masing desa, kami dengan menggandeng bank terkait kembali akan mendistribusikan Kartu Tani. Khususnya di tiga kecamatan,” tuturnya.

Kata Wiadnya, proses pendistribusian sudah dimulai kembali sejak Senin (19/10) lalu, di Kecamatan Kediri dengan menyasar Desa Buwit, Subak Mela dengan titik pendistribusian di kantor desa. Selanjutnya, pendistribusian juga akan dilakukan Desa Beraban, Subak Gadon III dan Gading II dengab titik pendistribusian di kantor desa Beraban pada, Rabu (21/10).

Di Kecamatan Kediri sudah dijadwalkan 13 titik untuk pendistribusian Kartu Tani yang berlangsung pada Oktober hingga 6 November mendatang. “Penjadwalan ini termasuk untuk titik distribusi di Kecamatan Marga dan Kerambitan, dimana tidak menutup kemungkinan akan dilakukan distribusi Kartu Tani di dua titik sekaligus. Kami akan bagi tim untuk pendistribusian di dua kecamatan yang berbeda ini dalam rangka percepatan pendistribusian Kartu Tani ini,” tandasnya.

Di sisi lain, saat pendistribusian Kartu Tani ini tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. Salah satunya itu melalui petugas PPL di kecamatan berkoordinasi dengan pihak pekaseh untuk bisa mengatur kedatangan petani atau penerima Kartu Tani, sehingga kerumunan massa bisa dihindari. “Setelah pendistribusian di tiga kecamatan ini, kami akan laku evaluasi kembali dengan menyasar kecamatan lainnya yang sebelumnya belum seratus persen mendapat distribusi Kartu Tani,” tegasnya.

Sementara itu, di tiga kecamatan yakni Kediri, Marga dan Kerambitan, jumlah Kartu Tani yang akan disebar mencapai 18 ribuan, sedangkan saat ini Kartu Tani yang sudah diterima petani di Kabupaten Tabanan baru mencapai 11 ribu sampai 12 ribuan. Artinya, nanti total persentase Kartu Tani yang sudah didistribusikan baru mencapai 75 persen.

“Sisanya disebabkan karena ada Kartu Tani yang belum terbit oleh pemerintah pusat dan ada juga penerima Kartu Tani yang tercecer karena tidak datang pada saat pendistribusian. Kami berusaha agar persentasenya terus meningkat seiring rencana penggunaan Kartu Tani oleh pemerintah pada 2021 nanti,” kilahnya. *man

BAGIKAN