Disparda Gianyar Pelajari Petunjuk Teknis Hibah Pariwisata

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata  dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menyiapkan dana hibah pariwisata senilai Rp 3,3 triliun bagi pelaku usaha pariwisata hotel dan restoran serta pemerintah daerah.

Gianyar (bisnisbali.com)-Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata  dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menyiapkan dana hibah pariwisata senilai Rp 3,3 triliun bagi pelaku usaha pariwisata hotel dan restoran serta pemerintah daerah. Kadiparda Gianyar A.A. Gde Putrawan, Senin (19/10) mengatakan bantuan hibah dari pemerintah pusat akan mempercepat pemulihan pariwisata di daerah saat pandemi Covid-19.

Putrawan mengungkapkan, sesuai arahan Kemenparekraf dana hibah tersebut, 30 persen akan ditujukan untuk membantu pemerintah daerah dalam penanganan dampak pandemi Covid-19 di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sisanya 70 persen dialokasikan untuk membantu pelaku usaha hotel dan restoran dalam menjalankan operasional kesehariannya seperti bayar gaji.

Bantuan hibah pariwisata dari pemerintah pusat untuk pariwisata Bali sebesar Rp 1,183 triliun. Dana hibah pariwisata ini tentu sangat besar manfaatnya bagi Bali termasuk Gianyar khususnya.

Dana hibah pariwisata sebesar Rp 1,183 triliun untuk masing-masing kabupaten/kota di Bali. Dana hibah pariwisata untuk Kabupaten Gianyar Rp 135,13 miliar. “Dana hibah pariwisata dari Pemerintah Pusat merupakan angin segar bagi pariwisata Gianyar,” ucapnya.

Menurutnya, dana hibah tersebut antara lain peruntukannya untuk pemulihan pariwisata Gianyar. Agar dana hibah bisa dimanfaatkan agar tepat sasaran dan tepat guna tentu wajib mengikuti petunjuk teknis. “Kami masih mempelajari petunjuk teknis,” ucap A.A.Putrawan.

A.A. Gde Putrawan menambahkan ke depan dalam pemanfaatan dana hibah pariwisata tidak hanya terfokus di Dinas Pariwisata. Ini tentu akan melibatkan dinas atau OPD terkait lainnya. “Saat ini kami masih pelajari juknis, ini juga tentu perlu dirapatkan dengan OPD terkait,” tegasnya. *kup

BAGIKAN