Diprediksi, Semua Sektor Usaha Membaik

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Bali memprediksi ada peluang semua sektor usaha mengalami kenaikan di 2021.

PARIWISATA - Wisatawan mancanegara menikmati wisata berkuda di Pantai Canggu. Pemulihan ekonomi Bali sangat tergantung dari pola pemulihan kunjungan wisatawan. (foto/eka adhiyasa)

Denpasar (bisnisbali.com) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Bali memprediksi ada peluang semua sektor usaha mengalami kenaikan di 2021. Kondisi ini terjadi seiring dengan perkiraan pulihnya wisatawan domestik.

“Hasil survei persepsi bisnis kepada perusahaan yang bergerak di lapangan usaha makan dan minum mencerminkan bahwa mayoritas perusahaan berpersepsi bahwa kunjungan wisatawan akan dimulai pada triwulan II 2021. Akan kembali ke level seperti 2019 yaitu terjadi di tahun 2022,” kata Kepala KPw BI Bali, Trisno Nugroho di Renon, Rabu (20/1).

Ia menerangkan, prospek pertumbuhan ekonomi 2021 tersebut dilihat berdasarkan komponen produk domestik regional bruto (PDRB) sisi penawaran yang menunjukkan  semua lapangan usaha diperkirakan mengalami kenaikan. Lapangan usaha tersebut mulai akomodasi makan-minum (hotel dan restoran) dan transportasi.

Selanjutnya, kinerja sektor konstruksi. Kondisi ini selaras dilakukannya proyek-proyek konstruksi dan infrastruktur yang tertunda seperti pembangunan bendungan, jalan shortcut, pengembangan kawasan pariwisata Bali Utara dan pengembangan Bandara Ngurah Rai. Seiring dengan itu, kondisi ini juga disebabkan oleh peningkatan optimisme pelaku usaha.

Trisno juga memperkirakan, kinerja sektor perdagangan akan tumbuh positif seiring dengan perkiraan perbaikan konsumsi rumah tangga dan perbaikan mobilitas di tahun 2021. “Kami memperkirakan angka pertumbuhan di Q1 masih kontraksi secara yoy, Q2 dan seterusnya sudah positif. Namun secara qtq, pertumbuhannya sudah positif sejak Q1,” ucapnya.

Ia pun menyebutkan, besarnya tingkat ketergantungan perekonomian Bali terhadap sektor pariwisata, maka pola pemulihan ekonomi Bali sangat tergantung dari pola pemulihan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke Bali. *dik

BAGIKAN