Dikebut, Penyelesaian Pasar Seni Sukawati

Menjelang serah terima pengelolaan Pasar Seni Sukawati blok A dan blok B ke Pemkab Gianyar, tenaga kerja dari kontraktor pelaksana (KP) PT Putra Jaya Andalan masih melakukan pembersihan dan finishing untuk mempercantik tampilan pasar.

DIKEBUT  - Penyelesaian Pasar Sukawati blok A dan blok B dikebut menjelang serah terima pengelolaan.

Gianyar (bisnisbali.com) –Menjelang serah terima pengelolaan Pasar Seni Sukawati blok A dan blok B ke Pemkab Gianyar, tenaga kerja dari kontraktor pelaksana (KP) PT Putra Jaya Andalan masih melakukan pembersihan dan finishing untuk mempercantik tampilan pasar. Pengerjaan perbaikan rumah warga yang rusak  juga dikebut sehingga bisa selesai saat serah terima Pasar Sukawati dari Kementerian PUPR ke Pemkab Gianyar.

Proyek Manajer PT Putra Jaya Andalan, Komarudin, ketika dimintai konfirmasinya via telepon, Minggu (7/2) kemarin, mengatakan pihaknya mesti mempercepat finishing Pasar Seni Sukawati sehingga tampil semakin menarik. “Kami masih prepare sebelum upacara melaspas dan serah terima kelola ke Pemkab Gianyar. Perbaikan rumah warga yang rusak sudah dikerjakan.  Perbaikan ini tentu disesuaikan list laporan kerusakan sebelumnya ,” tegasnya.

Menurutnya, menjelang tuntasnya pembangunan Pasar Sukawati blok A dan blok B, kontraktor pelaksana memang masih menghadapi keluhan warga yang berdampingan proyek revitalisasi pasar. Tuntutan warga akibat kerusakan saat proses pembongkaran bangunan fisik Pasar Seni Sukawati yang lama sudah disampaikan kepada KP pembongkaran. Akan tetapi keluhan ini tidak digubris oleh KP sebelumnya yang melakukan proyek pembongkaran. Dampaknya, beban perbaikan rumah warga mesti ditanggung KP yang mengerjakan pembangunan proyek revitalisasi pasar.

Komarudin menyatakan, PT Putra Jaya Andalan sebagai kontraktor pelaksana proyek revitalisasi pasar seperti  menelan buah simalakama. Di satu sisi mesti mengejar waktu penyelesaian dan pembersihan, di sisi lain dibebankan menyelesaikan perbaikan rumah warga sebelum acara melaspas dan serah terima kelola.

PPK Pasar Sukawati Blok A dan B, Ni Nengah Satriyani, sebelumnya menyampaikan serah terima pengelolaan Pasar Sukawati blok A dan blok B dari Balai PPW Bali kepada Pemkab Gianyar akan dilakukan Februari ini. “Mekanismenya, PPK menyampaikan kepada kasatker, diteruskan kepada Kepala Balai PPW Bali, selanjutnya Pemkab Gianyar,” paparnya.

Informasi yang diterima dari Disperindag Gianyar, serah terima Pasar Sukawati blok A dan blok B dari Balai PPW Bali (PUPR) kepada Pemkab Gianyar rencananya dilaksanakan Rabu (10/2) lusa.  Setelah dikelola Pemkab Gianyar, Pasar Seni  Sukawati akan ditempati 802 pedagang meliputi 778 los dan 24 kios.

Disperindag dan Kabag Kesra Gianyar sudah melaksanakan acara pecaruan dan pemlaspasan.  Pada Rabu nanti juga dilakukan acara mendem pedagingan , sedangkan pada Kamis (11/2) digelar upacara Rsi Gana dan Ngenteg Linggih di areal Pasar Sukawati blok A dan blok B. *kup

BAGIKAN