Didukung Satu Banjar, LPD Bungkuan Serahkan Dana Pembangunan Rp 19,7 Juta

Dalam laporan pertanggung jawaban (LPJ) tutup buku Tahun 2019 yang digelar belum lama ini, LPD Desa Adat Bungkuan, Bangli menyatakan dana pembangunan yang mampu diserahkan ke desa adat mencapai Rp 19,7 juta.

Bangli (bisnisbali.com) –Dalam laporan pertanggung jawaban (LPJ) tutup buku Tahun 2019 yang digelar belum lama ini, LPD Desa Adat Bungkuan, Bangli menyatakan dana pembangunan yang mampu diserahkan ke desa adat mencapai Rp 19,7 juta. LPD yang didukung oleh satu banjar adat ini mengalami perkembangan yang amat baik.

Kepala LPD Desa Adat Bungkuan I Ketut Merta, saat ditemui mengatakan, pencapaian laba LPD Desa Adat Bungkuan 2019 yaitu Rp 98 juta. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun 2018 yang tercatat Rp 86 juta. Sementara itu aset yang telah dikelola hingga akhir tahun 2019 telah mencapai Rp 5,6 miliar, meningkat 13 persen dari 2018.

Dikatakannya, dukungan dari masyarakat sangat berperan dalam tumbuh dan berkembangnya LPD. Seiring dengan itu, ia berupaya memberikan berbagai manfaat kepada masyarakat, baik melalui kontribusi langsung ataupun melalui program-program unggulan dari LPD yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. “Seperti halnya dana pembangunan yang kami serahkan sepenuhnya ke desa adat untuk dikelola secara langsung,” ungkapnya.

Ia berharap dana pembangunan yang diserahkan tersebut, dapat membantu kegiatan yang digelar di desa adat, sehingga dapat meringankan beban masyarakat. “Di samping dana pembangunan, LPD Desa Adat Bungkuan, memberikan kontribusi lainnya, seperti dana motivasi ke sekaa teruna serta punia pada tiap piodalan di Pura Kahyangan Tiga,” ucap Ketut Merta.

Sementara itu, Bendesa Adat Bungkuan, I Wayan Sugita mengaku mengapresiasi laporan tutup buku yang disampaiakan LPD Desa Adat Bungkuan. Dana pembangunan yang diserahkan LPD ke desa adat, menurutnya sangat membantu meringankan beban masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan baik itu pembangunan fisik ataupun nonfisik. “Kami mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih atas kinerja pengurus dan karyawan LPD. Kami berharap hasil sudah baik ini terus ditingkatkan,” ucapnya.

Demikian juga Sugita mengajak masyarakat untuk tidak ragu-ragu memanfaatkan LPD baik dalam menyimpan ataupun meminjam dana. Dengan terus berkembangnya LPD, maka makin meningkat pula manfaat yang dirasakan masyarakat. *wid

BAGIKAN