Di Tengah Pandemi Corona, Tabanan Kantongi Luas Panen Padi 1.446 H

Di tengah pandemi corona Kabupaten Tabanan tengah bersiap menghadapi musim panen padi saat ini.

Tabanan (bisnisbali.com) –Di tengah pandemi corona Kabupaten Tabanan tengah bersiap menghadapi musim panen padi saat ini. Tak tangung-tanggung Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan mencatat setidaknya ada 1.446 hektar luas tanam padi yang melakukan panen pada April 2020 dan akan berlanjut hingga Desember mendatang.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan, I Made Budana, didampingi Kepala Bidang Peningkatan Produksi Tanaman Pangan dan Hortikulutra Dinas Pertanian Tabanan, Wayan Suandra, Rabu (29/4) mengungkapkan, April ini hampir semua kecamatan di Kabupaten Tabanan memasuki musim panen padi. Terkecuali, Selemadeg Barat, Marga dan Pupuan.

“Selemadeg Barat ini karena disebabkan mundur tanam karena sebelumnya terdampak kemarau, sehingga baru melakukan proses tanam pada April dan Mei ini. Sedangkan untuk Marga dan Pupuan baru akan panen pada Mei mendatang,” tuturnya.

Papar Suandra, April luas panen padi di Tabanan yakni, terjadi di Selemadeg dengan luasan panen 105 hektar dengan prediksi produksi mencapai 68,25 ton, di Selemadeg Timur luas panen 9 hektar dengan prediksi produksi mencapai 5,85 ton. Selain itu, panen padi juga terjadi di Kerambitan dengan luasan 502 hektar dengan prediksi produksi mencapai 326,3 ton yang sekaligus menjadi kecamatan dengan luas dan produksi padi tertinggi pada April ini, kemudian Tabanan luas panen 109 hektar dengan prediski produksi mencapai 70,85 ton, Kediri seluas 94 hektar dengan prediksi produksi mencapai 61,1 ton, Baturiti panen mencapai 238 hektar dengan prediksi produksi 154,7 ton, dan Penebel panen mencapai 389 hektar dengan prediksi produksi 252,85 ton.

Jelasnya, musim panen padi ini masih akan terus berlangsung hingga Desember mendatang, namun jumlahnya tidak sebesar pada saat puncak panen yang kemungkinan akan terjadi pada Mei, Juni dan Juli nanti. Itu disebabkan pada musim tanam lalu, banyak petani padi yang melakukan tanam pada Januari, Februari, dan Maret sehingga mereka (petani) akan panen pada tiga bulan berikutnya.

Bercermin dari kondisi tersebut sambungnya, pada Mei nanti luasan panen padi di Tabanan akan mengalami peningkatan dibandingkan April. Yakni, mencapai 3.049 hektar dengan total prediksi produksi mencapai 1.981,85 ton. Mei mendatang luasan panen padi di Kabupaten Tabanan ini disumbang oleh hampir seluruh sentra produksi di kecamatan, kecuali kecamatan Selemadeg Barat.*man

BAGIKAN