Desa Layak Anak Penuhi Hak Anak

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekda Kabupaten Gianyar, I Wayan Suardana, S.Sos., MAP di sela-sela acara Deklarasi Desa Sukawati sebagai Desa Layak Anak di Wantilan Pura Puseh

TERAPKAN -Penerapan Desa Layak Anak di Kabupaten Gianyar.

Gianyar (bisnisbali.com) –Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekda Kabupaten Gianyar, I Wayan Suardana, S.Sos., MAP di sela-sela acara Deklarasi Desa Sukawati sebagai Desa Layak Anak di Wantilan Pura Puseh, Desa Sukawati baru-baru ini mengatakan, sangat menyambut baik dilaksanakannya Desa Layak Anak di Kabupaten Gianyar. Karena dengan kegiatan ini, merupakan upaya mewujudkan Kabupaten Gianyar yang nyaman bagi kehidupan anak dan mampu memenuhi hak-hak anak secara baik.

“Anak sebagai ahli waris adalah modal serta investasi dan potensi yang akan menjadi sumber daya pembangunan,” kata Suardana.

Dikatakannya, dalam upaya  menjamin terpenuhinya hak anak diperlukan juga upaya yang sungguh-sungguh dari pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Ini agar anak-anak dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai harkat dan martabat kemanusiaan.

Kabupaten Gianyar telah berkomitmen untuk menjadikan Kabupaten Gianyar sebagai Kabupaten Layak Anak yang disepakati 9 Agustus 2014. Pada tahun 2017, Kabupaten Gianyar telah meraih Predikat Nindya. Untuk mencapai Kabupaten Layak Anak perlu dua tingkatan lagi yaitu, Utama dan Kabupaten Layak Anak.

‘’Salah satu indikator untuk mencapai Kabupaten Layak Anak adalah terbentuknya Desa/Kelurahan Layak Anak dan Kecamatan Layak Anak. Semoga kegiatan ini juga menginspirasi desa/kelurahan yang lain, sehingga bisa terpenuhi kriteria penilaian Kabupaten Layak Anak,” imbuh Wayan Suardana.*kup

BAGIKAN