Demplot Pertanian Organik dengan Kearifan Lokal

Pemerintah telah berupaya mengembangkan demplot pertanian organik guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan makanan yang sehat.

Gianyar (bisnisbali.com) –Pemerintah telah berupaya mengembangkan demplot pertanian organik guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan makanan yang sehat. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar Made Raka, Kamis (8/10) mengatakan demplot pertanian organik dilakukan dengan kearifan lokal.

Diungkapkannya, Pemerintah Kabupaten Gianyar sangat mendukung untuk penambahan adanya demplot pertanian organik. Pengembangan pertanian organik berbasis kearifan lokal. Ia menjelaskan pengembangan pertanian organik ini untuk dapat memperbaiki lahan pertanian dalam kondisi kritis. Ini di antaranya telah berpuluh tahun terkontaminasi zat-zat kimiawi.

Raka memaparkan pemerintah telah berupaya menambah demplot pertanian organik. Ini dengan  menggalakkan pendukung dari produksi pertanian organik. Lebih lanjut dikatakannya, penambahan komponen pendukung produksi pertanian organik dengan menambah populasi sapi. Ini dikarenakan sapi sebagai penyedia pupuk organik.

Menurut Raka, pemerintah berupaya memberdayakan petani memanfaatkan sumber daya lokal. Ini terutama untuk menyediakan komponen sarana produksi yang berbasis organik. Ia mencontohkan memberdayakan  masyarakat petani dalam pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL). Masyarakat juga diberdayakan dalam pembuatan biopestisida.

Made Raka menambahkan pengembangan pertanian organik juga diikuti upaya penyadaran atau mengubah mindset konsumen. Masyarakat  dari berbagai lini bisa menerapkan pola pangan sehat. *kup

BAGIKAN