Dari Dana Pembangunan, LPD Lebu juga Dukung Kegiatan Masyarakat

Selain dana pembangunan yang rutin diserahkan ke desa adat tiap tahunnya, LPD Desa Adat Lebu, Sidemen, Karangasem juga mendukung berbagai kebutuhan dana untuk kegiatan masyarakat.

Penyerahan dana pembangunan oleh LPD Desa Adat Lebu kepada desa adat pada laporan pertanggung jawaban yang digelar beberapa waktu lalu.

Amlapura (bisnisbali.com) –Selain dana pembangunan yang rutin diserahkan ke desa adat tiap tahunnya, LPD Desa Adat Lebu, Sidemen, Karangasem juga mendukung berbagai kebutuhan dana untuk kegiatan masyarakat. Mulai dari pelaksanaan upacara hingga kegiatan sosial masyarakat.

Pemucuk (Kepala) LPD Desa Adat Lebu I Wayan Dana, Selasa (3/3) mengatakan, tahun ini dana pembangunan (20 persen dari laba) yang mampu diserahkan LPD Desa Adat Lebu kepada desa adat mencapai Rp 38 juta. Dikatakannya, laba yang mampu dicapai pada tahun 2019 yaitu Rp 190 juta dengan pengelolaan aset Rp 8,5 miliar.

Demikian dalam upaya memberikan keringanan bagi masyarakat serta mendukung kelestarian seni, adat dan budaya, LPD Desa Adat Lebu juga memberikan berbagai dukungan dalam kegiatan masyarakat terutama penyelenggaraan piodalan. Mulai dari memfasilitasi biaya Tawur Kesanga (jelang Hari Raya Nyepi) dengan nominal mencapai Rp 20 juta.  Selanjutnya, Wayan Dana juga memberikan dana punia pada 12 pura kahyangan dengan nominal masing-masing Rp 1 juta.

“Kami juga mensuport kegiatan kelompok pemuda  di 5 banjar adat,” ujarnya sembari mengatakan dana yang dianggarkan untuk mendukung kegiatan masyarakat tersebut mencapai kurang lebih Rp 33 juta per tahun.

Disinggung soal perkembangan LPD, dari segi aset Wayan Dana menjelaskan, mengalami peningkatan 30,41 persen dari tahun 2018. Demikian pula pencapaian laba meningkat 25,28 persen.

Atas pencapian tersebut,  pihaknya mengucapkan terima kasih pada seluruh masyarakat Desa Adat Lebu yang selama ini telah mempercayakan dananya dikelola di LPD. “Kedepannya kita akan terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik pada krama (masyarakat) dan juga para nasabah LPD  sehingga hadirnya lembaga adat ini akan mampu  memberikan manfaat,” ujarnya.

Sementara itu, Bendesa Adat Lebu I Wayan Darmanta, mengaku mengapresiasi serta bangga atas berbagai manfaat yang sudah diberikan LPD, terutama tekait dana subsidi yang mendukung berbagai kegiatan masyarakat. Darmanta berharap pada masyarakat Lebu agar tidak ragu dalam menempatkan dana di LPD karena setiap tahunya akan di kembalikan lagi ke desa adat dan masyarakat.  *wid

BAGIKAN