Damkar Tabanan Diminta Berperan Dalam Penanganan Covid-19

Pemadam Kebakaran (Damkar) memiliki peran yang tidak kalah pentingnya ketika menjalankan fungsi Pemerintah Daerah dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat.

SERAHKAN – Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menyerahkan mobil pemadam kebakaran kepada Damkar Tabanan.

Tabanan (bisnisbali.com) – Pemadam Kebakaran (Damkar) memiliki peran yang tidak kalah pentingnya ketika menjalankan fungsi Pemerintah Daerah dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat. Banyak hal yang masih perlu ditingkatkan di bidang pemadam kebakaran, salah satunya mobil damkar.

Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., menyampaikan hal itu saat memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka memperingati HUT Satpol PP sekaligus HUT Satlimas dan Damkar di halaman depan Kantor Bupati Tabanan, Senin (8/3) kemarin. Pada kesempatan itu, Bupati  Tabanan  menyerahkan dua unit mobil damkar.

Ditambahkannya, tugas damkar tidak semata-mata memadamkan kebakaran, akan tetapi lebih luas lagi, meliputi pencegahan, pengendalian, penyelematan, pengamanan bahan berbahaya dan beracun kebakaran dan zat kimia lainnya. “Sesuai ketentuan, respons pemadam kebakaran adalah 15 menit. Mengingat wilayah Tabanan cukup luas, kita idealnya memiliki beberapa Pos Damkar di wilayah kecamatan. Di sisi lain kita memaklumi armada yang kita miliki sebanyak lima unit tidak semuanya bisa dipergunakan,” jelasnya.

Bupati Sanjaya meminta kepada pasukan Damkar untuk selalu berbesar hati dan berbangga hati sebagai perangkat pemadam kebakaran. Di samping itu, damkar dituntut perannya dalam memberikan pelayanan darurat nonkebakaran, yaitu keterlibatan dalam pecepatan penanganan pandemi Covid-19 di Tabanan. “Untuk itu, kita sudah mengusahakan menambah dua  buah armada pemadam kebakaran yang akan saya serahkan pengelolaannya kepada Kepala Satpol PP atau pihak terkait untuk mendukung kinerja dari bidang pemadam kebakaran,” ujarnya.

Bantuan dua unit mobil damkar tersebut diterima secara simbolis oleh Plt. Kabid Damkar Tabanan usai apel gelar pasukan. Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Made Dirga, Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Sekda I Gede Susila, para asisten dan OPD terkait di lingkungn Pemkab Tabanan.

Dengan tambahan dua armada, Bupati Sanjaya berharap adanya peningkatan kinerja perangkat damkar dan dijalankan dengan baik dalam rangka menuju Kabupaten Tabanan Era baru yang Unggul, Aman dan Madani. “Pengadaan ini sangat menarik. Ini bagus sekali karena memang merupakan suatu kebutuhan bagi kita di Kabupaten Tabanan untuk langkah antisipatif,” tambahnya.

Pihak Damkar Tabanan sangat berterima kasih atas perhatian dan atensi yang diberikan pemkab dan mengharapkan tambahan dua armada damkar ini mampu meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. *man

BAGIKAN