Cegah Kerumunan di Pasar Tradisional, Tabanan Terapkan Belanja ”Online”

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tababanan dengan menggandeng Gojek menawarkan belanja lewat online, khusus untuk transaksi di pasar tradisional saat ini.

Tabanan (bisnisbali.com) –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tababanan dengan menggandeng Gojek menawarkan belanja lewat online, khusus untuk transaksi di pasar tradisional saat ini. Layanan tersebut merupakan salah satu upaya dari Pemkab Tabanan mencegah terjadinya kerumunan konsumen saat berbelanja dalam kaitannya antisipasi penyebaran virus Corona (Covid -19).

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tabanan, Ni Wayan Primayani seijin Kepala Disperindag Tabanan, I Gst Nyoman Arya Wardana, Jumat (3/4) mengungkapkan, pasar merupakan salah satu lokasi rawan dalam penyebaran virus Corona. Sebab itu, Pemkab Tabanan selain melakukan pembatasan jam oprasional pasar tradisional, sejak 1 April 2020 mencoba memberikan alternatif layanan bertransaksi agar masyarakat tetap bisa memenuhi kebutuhan tanpa harus pergi ke pasar untuk berbelanja sehari-hari.

“Maka dari itu Pemkab Tabanan bekerjasama dengan salah satu aplikasi online untuk berbelanja keperluan harian tanpa perlu keluar rumah atau ke pasar,” tuturnya.

Jelas Primayani, pemanfaatan layanan tersebut sangat mudah. Terpenting, masyarakat atau calon pengguna layanan mendownlod aplikasiGojek melalui smartphone dan pilih menu Goshop, kemudian memilih barang kebutuhan yang akan di beli beserta perkiraan harga. Lanjutnya, setelah itu konsumen tinggal memasukkan lokasi pasar di seputaran Tabanan. Yakni, Pasar Dauh Pala, Pasar Tabanan dan Pasar Kediri.

“Saat ini layanan belanja online ini hanya tersedia untuk di tiga pasar saja dan konsumen bisa menggunakan pembayaran tunai atau non tunai. Selain itu, layanan belanja online ini tersedia menyesuaikan dengan jam oprasional di tiga pasar tersebut, mulai dari pukul 11.00 Wita sampai 15.00 Wita,” ujarnya.
Sambungnya, melalui apliaksi belanja ini masyarakat tinggal menunggu barang belanjaan yang akan diantarkan oleh pengemudi ojek online ke rumah. Tambahnya, biaya atau untuk jasa antar dari belanja online ini akan menyesuaikan dengan jarak tujuan tempat pemesanan, namun pastinya untuk biaya pembelian melalui Goshop akan lebih murah dibandingkan dengan belanja online semisal untuk pembelian di gerai atau toko makanan.

“Saat ini pascadiluncurkan, sistim belanja online di pasar tradisional ini mulai dilirik atau dimanfaatkan oleh konsumen karena memang sangat praktis dan memudahkan konsumen karena tidak perlu berdesak-desakan datang ke pasar,” tandasnya.*man

BAGIKAN