Cegah Corona, Dewan Tabanan Minta Bank Tingkatkan Kebersihan ATM

Untuk mencegah penyebaran virus corona, kalangan anggota DPRD Tabanan meminta kepada seluruh lembaga industri jasa keuangan untuk ikut melakukan upaya pencegahan.

Tabanan (bisnisbali.com) –Untuk mencegah penyebaran virus corona, kalangan anggota DPRD Tabanan meminta kepada seluruh lembaga industri jasa keuangan untuk ikut melakukan upaya pencegahan. Salah satunya, meningkatkan kebersihan pada fasilitas layanan anjungan tunai mandiri (ATM) dan layanan publik lainnya.

“Upaya untuk mencegah penyebaran virus corona ini tidak hanya diupayakan oleh pemerintah daerah, namun kalangan seperti perbankan harusnya melakukan hal sama. Salah satunya, menjaga kebersihan ATM,” tutur Ketua Komisi III DPRD Tabanan AA Nyoman Dharma Putra, S.Sos., di Tabanan, Senin (16/3).

Menurutnya, meningkatkan kebersihan fasilitas umum seperti ATM ini menjadi sangat penting di tengah ancaman virus corona sekarang ini. Imbuhnya, langkah tersebut bahkan wajib dilakukan masing-masing bank sesuai dengan instruksi Gubernur Bali. “Upaya tersebut salah satunya dengan melakukan spraying dengan menggunakan disinfektan untuk fasilitas ATM,” ujarnya.

Jelas Dharma Putra, ATM merupakan salah satu fasilitas layanan publik atau digunakan banyak orang. Bercermin dari itu, katanya, dengan banyaknya pengguna layanan ATM ini tentu akan rentan menjadi tempat penyebaran virus corona, sehingga harus mendapat perhatian serius masing-masing perbankan.

Selain itu, harapnya, terkait virus corona yang telah berdampak pada melesunya sejumlah sektor usaha, bank diminta memberikan kelonggaran khususnya kepada kalangan debitur dalam melakukan kewajiban membayar kredit. Katanya, bank harus bijaksana juga menyikapi virus corona yang telah berdampak buruk pada sektor usaha.

“Paling tidak, bank bisa memberikan keringanan. Salah satunya dengan memberikan keringanan bunga atau dengan restrukturisasi kredit,” kilahnya. *man

BAGIKAN