Capaian Laba Meningkat, LPD Menangga Berikan Berbagai Kontribusi untuk Masyarakat  

Dalam laporan pertanggung jawaban (LPJ) tutup buku tahun 2019 yang digelar pada Senin (10/2) lalu, LPD Desa Adat Menanga Karangasem, melaporakan pencapaian laba Rp1,1 miliar, meningkat 15,28 persen dari tahun sebelumnya

Amlapura (bisnisbali.com) –Dalam laporan pertanggung jawaban (LPJ) tutup buku tahun 2019 yang digelar pada Senin (10/2) lalu, LPD Desa Adat Menanga Karangasem, melaporakan pencapaian laba Rp1,1 miliar, meningkat 15,28 persen dari tahun sebelumnya. Dalam kegiatan yang berlangsung di Wantilan Serbaguna Banjar Menanga Kangin tersebut, LPD Menanga juga menyerahkan berbagai kontribusi kepada masyarakat.

Pemucuk (Kepala) LPD Desa Adat Menanga Jro Mangku Sutawan mengatakan, dalam kesempatan ini pihaknya memberikan perhatian kepada masyarakat dengan membagikan 50 paket sembako kepada masyarakat lanjut usia. Di samping itu, LPD Desa Adat Menanga juga memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi mulai dari tingkat TK hingga sekolah dasar.

Bentuk kontribusi lainnya juga diberikan oleh LPD Desa Adat Menanga,  berupa pemberian dana isentif kepada pemangku di Pura Kahyangan Tiga hingga dana subsidi pembinan pada sekeha gong anak-anak Desa Adat Menanga yang mewakili Kabupaten Karangasem di PKB ke 42, sebesar Rp20 juta. Dijelaskannya, LPD Desa Adat Menanga juga memiliki program membantu memberangkatkan anak-anak muda bekerja ke Kapal Pesiar sejak 20 tahun silam. “Dari sejak di-launching hingga saat ini  ada ratusan orang sudah kita berangkatkan ke Kapal Pesiar,” jelasnya.

Di samping itu, kontribusi lainnya yang diberikan LPD Desa Adat Menanga berupa bantuan kepada organisasi yang ada di Desa adat Menanga dengan anggaran mencapai Rp100 juta lebih. “Dan semua itu di luar dana pembangunan yang rutin kami serahkan tiap tahun,” ujarnya.

Sementara untuk perkembangan LPD Desa Adat Menanga, Sutawan mengatakan, dari sisi aset sudah mencapai Rp40 hingga akhir 2019. Mengalami peningkatan 39 persen dari tahun 2018. Dana pihak ketiga (DPK) yang mampu dihimpun yaitu mencapai Rp17,3 miliar berupa tabungan dan Rp19,8 miliar berupa deposito. Dan untuk kredit yang disalurkan mencapai Rp23,3 miliar.

Koordinator Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD Kabupaten Karangasem I Nyoman Sedana Ariana, mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan LPJ Desa Adat Menanga.  Dikatakannya LPD Desa Adat Menanga masuk dalam kategori sehat dengan nilai 96,5 persen.  “Dari segi prestasi LPD Desa Adat Menanga telah bisa naik kelas atau naik dua tingkat dari posisi tahun 2018. Sebelumnya LPD Desa Adat Menanga masuk peringkat ke-14 LPD Terbaik dari 120 LPD di Kabupaten Karangasem, sedangkan tahun 2019 naik menjadi peringkat ke-12,” terangnya. *wid

BAGIKAN