Calon Penerima Dana Hibah Pariwisata Jalani Verifikasi  

Pemerintah Kabupaten Gianyar telah mengajukan 1.850 akomodasi calon penerima dana hibah pariwisata.

VERIFIKASI - Pengelola hotel  dan restoran melalui proses verifikasi sebagai penerima dana hibah pariwisata.

Gianyar (bisnisbali.com)-Pemerintah Kabupaten Gianyar telah mengajukan 1.850 akomodasi calon penerima dana hibah pariwisata. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gianyar Pande Mahayana Adityawarman, Minggu (8/11) mengatakan, hotel dan restoran calon penerima dana hibah di Gianyar sedang melalui proses verifikasi termasuk kelengkapan data administrasi.

Diungkapkannya, PHRI Gianyar sangat mengapresiasi langkah Pemkab Gianyar mengusulkan  hotel dan restoran di Gianyar untuk mendapatkan dana hibah pariwisata. Ini membuka peluang hotel dan restoran termasuk anggota PHRI Gianyar untuk mendapatkan dana hibah pariwisata dari pemerintah pusat.

Pria yang akrab disapa Adit Pande ini menjelaskan, saat ini akomodasi di Gianyar khususnya di Ubud banyak yang tidak beroperasi. Ini akibat tidak adanya wisatawan mancanegara (wisman) berlibur ke Bali akibat pandemi Covid-19.

Untuk bangkit dari pandemi Covid-19, hotel dan restoran membutuhkan suntikan dana dari pemerintah. Saat kondisi sulit, hotel dan restoran berharap pemerintah bisa memberikan sokongan dana untuk membangkitkan sektor perhotelan. Selama ini hotel dan restoran memberikan kontribusi pajak hotel dan restoran kepada pemerintah. Sangat wajar, hotel dan restoran untuk menerima bantuan pemerintah saat pandemi Covid-19.

Adit memandang sangat adil ketika pemerintah memprioritas bantuan dana hibah pariwisata kepada akomodasi yang rajin membayar pajak. Dengan insentif dana hibah pariwisata membantu hotel dan restoran bangkit dan kembali beroperasi. Menurutnya, setelah wisatawan datang, dan hotel beroperasi secara normal hotel dan restoran di Gianyar akan kembali membayar pajak.

Hotel dan restoran yang belum berizin diharapkan bisa memenuhi persyaratan yang diwajibkan sehingga pemerintah mudah melakukan  pembinaan. Akomodasi resmi wajib mengantongi izin, dan wajib bayar pajak PHR kepada pemerintah.

Pande Mahayana Adityawarman menambahkan Pemkab Gianyar sudah mengajukan 1280 akomodasi. Hotel yang diajukan untuk meraih dana hibah pariwisata selanjutnya melalui verifikasi. “Saat ini proses verifikasi hotel dan restoran penerima dana hibah pariwisata sedang berjalan,” tambahnya. *kup

BAGIKAN