Bupati Suwirta Tinjau Percontohan Inovasi Hidroponik KK Miskin

Saya ingin memberikan contoh terlebih dahulu, sebelum nantinya mulai diterapkannya inovasi hidroponik masuk KK miskin pada tahun 2020," ujar Bupati Suwirta

TINJAU - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, bersama Ny Ayu Suwirta, meninjau pengembangan hidroponik di rumah warga yatim piatu di Banjar Payungan, Desa Selat.

Semarapura ((bisnisbali.com) – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, bersama Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Ny Ayu Suwirta, melakukan kunjungan ke rumah kakak beradik yatim piatu, yakni,  I Kadek Suardana (15) dan I Komang Juniarta (13) di Banjar Payungan, Desa Selat, Kecamatan Klungkung, Minggu (15/12).

Bupati Suwirta, bermaksud meninjau bantuan yang diberikan dengan menggunakan dana pribadi, berupa satu set hidroponik dengan sistem NFT (Nutrient Film Tecnique) pada pipa sepanjang empat meter yang berisi 200 lubang. Hidroponik tersebut ditanami seledri dengan masa panen setiap tiga hari sekali. Sekali panen diperoleh sebanyak tiga sampai empat kilogram seledri, dengan harga jual Rp15 ribu – 20 ribu per kilogram.

Bupati Suwirta menyampaikan akan terus melakukan konsep “berikan kail bukan ikan” untuk menuntaskan kemiskinan di Kabupaten Klungkung. Bantuan yang diberikan ini merupakan percontohan yang nantinya diharapkan dapat diimplementasikan bagi KK miskin lainnya di Kabupaten Klungkung.

“Saya ingin memberikan contoh terlebih dahulu, sebelum nantinya mulai diterapkannya inovasi hidroponik masuk KK miskin pada tahun 2020,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta mengajak masyarakat Klungkung untuk ikut membantu KK miskin dengan konsep “berikan kail bukan ikan”. “Saya berharap kepada kakak beradik yatim piatu ini supaya dapat memanfaatkan bantuan hidroponik yang diberikan dengan baik,” harapnya. •dar

BAGIKAN