Bupati Suwirta Pantau Blok A dan F Pasar Seni Semarapura

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Sekda Gede Putu Winastra mengunjungi Blok A dan F Pasar Seni Semarapura, Minggu (1/12).

ESKALATOR - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sedang mencoba eskalator di Blok A dan F Pasar Seni Semarapura.

Semarapura (bisnisbali.com) –Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Sekda Gede Putu Winastra mengunjungi Blok A dan F Pasar Seni Semarapura, Minggu (1/12). Kunjungan ini guna memantau perkembangan revitalisasi, pemasangan eskalator dan penataan sejumlah fasilitas lainnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Bupati Suwirta sedang mendapatkan pelaksanaan setting pada eskalator dan persiapan pemasangan pendingin ruangan. Selain itu juga tengah dikerjakan pembuatan sunshading atau penghalau sinar matahari pada atap kaca guna mengurangi panas dari sinar matahari.

Kepala UTP Pasar I Komang Sugianta mengatakan, untuk pemasangan dua buah eskalator sudah selesai. Eskalator pada sisi barat pasar telah selesai di-setting, sedangkan eskalator pada sisi timur masih pada tahap setting motor dan sensor. Tahap uji coba final dijadwalkan akan dilaksanakan pada dua hingga tiga hari ke depan. “Secara umum alat ini sudah berfungsi dan tidak mengalami kendala pada listrik lagi karena pemenuhan daya untuk eskalator dan AC sudah rampung,” kata Sugianta.

Bupati Suwirta menyampaikan harapannya setelah semua proses revitalisasi Blok A dan F Pasar Seni Semarapura rampung, para pedagang akan segera mengisi kiosnya masing-masing. Dengan penambahan sejumlah fasilitas seperti eskalator dan pendingin ruangan diharapkan menjadikan pasar seni ini dengan nuansa modern yang bersih dan nyaman. Hal ini diharapkan akan dapat meningkatkan kunjungan dan meningkatkan volume penjualan. “Eskalator dan AC nanti segera bisa dioperasikan, sejumlah kios pasar di Blok A dan F juga telah selesai, sehingga pedagang yang kemarin direlokasi bisa kembali. Saya ingin pasar ini setelah direnovasi, dibangun baru serta benar-benar seperti pasar modern yang bersih dan adem dengan tambahan AC. Mudah-mudahan dengan model seperti ini akan berhasil meningkatkan kunjungan dan meningkatkan volume penjualan,” ujar Bupati Suwirta.

Ia menambahkan, jika semua perbaikan dan revitalisasi ini benar-benar mampu meningkatkan kunjungan yang berujung pada peningkatan PAD, maka semua blok pasar yang ada di pasar seni akan direvitalisasi. Sedangkan untuk permasalahan sejumlah kios yang berstatus hak milik akan diselesaikan melalui pendekatan dan kerja sama sehingga nanti semua kios menjadi hak sewa.

Blok A Pasar Seni Semarapura rencananya diresmikan pada 29 Desember 2019 mendatang. Para pedagang yang dulunya menempati Blok A dan F akan segera kembali menempati kiosnya masing-masing selambat-lambatnya 27 Desember 2019. *dar

BAGIKAN