Bupati Suwirta Luncurkan Program Inovasi Bidang Kesehatan

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta didampingi Sekretaris Daerah I Gede Putu Winastra menghadiri Gebyar HKN ke-55 tahun 2019 di depan Monumen Puputan Klungkung, Minggu (17/11).

INOVASI - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meluncurkan lima inovasi di bidang kesehatan pada Gebyar HKN ke-55 di depan Monumen Puputan Klungkung.

Semarapura (bisnisbali.com) –Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta didampingi Sekretaris Daerah I Gede Putu Winastra menghadiri Gebyar HKN ke-55 tahun 2019 di depan Monumen Puputan Klungkung, Minggu (17/11).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, dr. Ni Made Adi Swapatni melaporkan Gebyar HKN ini merupakan salah satu kegiatan serangkaian memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019 yang jatuh pada 12 November 2019. Dinas Kesehatan sudah mengadakan berbagai kegiatan, di antaranya Lomba Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang diikuti oleh seluruh jajaran Dinas Kesehatan baik itu puskesmas, rumah sakit dan sekolah kesehatan SMK Panca Atma Jaya, serta bakti sosial kesehatan di Desa Pesinggahan bekerjasama dengan keluarga besar Fisiotherapy dan di tempat lainnya.

Bupati Suwirta menyampaikan bahwa sehat merupakan kebutuhan. Sehat akan terasa mahal jika kita dalam keadaan sakit, dan akan terasa murah apabila kita berada dalam keadaan sehat. “Masyarakat Klungkung harus menjadi pahlawan kesehatan bagi dirinya sendiri. Caranya dengan membiasakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, yakni olah raga yang cukup, makan makanan bergizi, tidak merokok dan seks bebas, serta budayakan pola-pola hidup sehat lainnya,” ujar Bupati Suwirta.

Pada kesempatan ini Bupati Suwirta meluncurkan lima inovasi di bidang kesehatan, di antaranya Dorkesmas (Datangi Obati Rawat Kesehatan Masyarakat). Program ini ditunjang oleh SDM dan peralatan yang memadai dan kendaraan kesehatan, sehingga seluruh masyarakat Klungkung sampai ke daerah pelosok akan didatangi dan dilayani sesuai wilayah puskesmas masing-masing, terutama bagi masyarakat yang tidak mampu ke puskesmas. “Semoga Dorkesmas ini dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat di Klungkung,” imbuhnya.

Inovasi lainnya yang diluncurkan, yakni Pos Pelayanan Terpadu Jiwaku Sejahtera (Posyandu Juwara), Cegah Stunting dengan Jumat Sabtu Minum Tablet FE (Ceting Jus FE), Cara Masyarakat Menuju Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (Camat Mas) dan Aplikasi Kepuasan Masyarakat (Sipuma).

Gebyar HKN juga diisi kegiatan jalan sehat. Turut hadir Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Anak Agung Sagung Mas Dwipayani, Ketua DPRD Kabupaten Klungkung AA Gde Anom dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Klungkung. *dar

BAGIKAN