Bupati Sanjaya Rapat Bersama Gubernur Koster Bahas Pembangunan di Daerah

SEBAGAI upaya mewujudkan visi misi Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM), Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M. menyampaikan sejumlah usulan pembangunan Kabupaten Tabanan kepada Gubernur Bali Wayan Koster.

RAPAT - Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya (kiri) saat rapat bersama Gubernur Bali  membahas tentang pembangunan di daerah di Gedung Gajah Jaya Sabha, Denpasar, Senin (10/5).

SEBAGAI upaya mewujudkan visi misi Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM), Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M. menyampaikan sejumlah usulan pembangunan Kabupaten Tabanan kepada Gubernur Bali Wayan Koster.

Usulan tersebut disampaikan Bupati Sanjaya didampingi Sekda I Gede Susila dalam rapat bersama Gubernur Bali yang membahas tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah serta Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022 di RR Gedung Gajah Jaya Sabha, Jalan Surapati No.1 Denpasar, Senin (10/5) kemarin.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Gubernur Wayan Koster tersebut juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda Provinsi Bali, Bupati/Wali Kota se-Bali dan undangan terkait lainnya di jajaran Pemerintah Provinsi Bali. Rapat itu juga terkoneksi langsung secara virtual dengan Pemerintah Pusat.

Bupati Sanjaya menegaskan, untuk mempercepat jalannya pembangunan di Kabupaten Tabanan, dibutuhkan komitmen semua pihak. Bukan saja dari jajaran pemerintah daerah dan masyarakat, melainkan juga diperlukan sinkronisasi program pembangunan antara Pemerintah Kabupaten Tabanan dan Pemerintah Provinsi Bali termasuk Pemerintah Pusat.

“Karena hal ini menyangkut bantuan Pemerintah Pusat ke Daerah, sehingga harus dijaga betul untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di masing-masing daerah. DAK juga dibahas saat itu, tentunya harus segera dieksekusi karena ini akan berimbas pada pelaksanaan perekonomian di masyarakat,” tegas Bupati Sanjaya usai rapat.

Dengan demikian, lanjut Bupati Tabanan, perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung bisa berjalan dengan baik. Itu hal penting yang dibahas dalam rapat tersebut di samping prioritas-prioritas dan usulan-usulan yang akan dilaksanakan tahun 2022 guna mempercepat penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Tabanan.

“Pada tahun 2022 nanti kita masih diberikan peluang untuk menyiapkan usulan-usulan dalam proposal yang akan diajukan sesuai potensi di daerah. Di Tabanan yang berpotensi di bidang pertanian, tentunya ke depan kita akan membangun industri pertanian yang salah satunya adalah untuk membangun sentra penyosohan gabah,” ujar politisi asal Dauh Pala, Kecamatan Tabanan, tersebut.

Oleh karena Tabanan sangat potensial dalam sisi pertanian, tambah Bupati Sanjaya, pembangunan sentra penyosohan gabah yang berskala besar dirasa sangat tepat untuk mengoptimalkan produksi, khususnya beras dari para petani Kabupaten Tabanan. “Hal ini sangat seiring sejalan dengan visi misi Kabupaten Tabanan yang telah ditetapkan, salah satunya membangun Desa Presisi. Dengan membangun Desa Presisi, kita akan tahu dengan pasti dan akurat tentang keadaan, potensi serta kerifan lokal desa tersebut, sehingga bisa membangun dengan tepat mulai dari desa,” pungkas mantan Wakil Bupati Tabanan dua periode ini. *adv

BAGIKAN