Bupati Eka Berharap BLT dari Dana Desa Bisa Secepatnya Disalurkan

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti berharap agar seluruh desa bisa segera menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) melalui Dana Desa (DD) kepada masyarakat.

Tabanan (bisnisbali.com) –Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti berharap agar seluruh desa bisa segera menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) melalui Dana Desa (DD) kepada masyarakat. Program dari pemintah pusat yang bertujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat dampak dari pandemi corona (covid-19) ini, sebelumnya telah dilakukan sosialisasi ke masing-masing desa.

“Saat ini tinggal menunggu kesiapan dari desa masing-masing untuk mendata. Setelah siap, saya harap BLT dari dana desa ini bisa secepatnya disalurkan ke masyarakat,” tutur Bupati Eka, Selasa (5/5).

Sementara itu, salah satu desa di Tabanan yang memasang anggaran BLT DD maksimal adalah Desa Belimbing, Pupuan. Jumlah anggaran BLT DD di Belimbing mencapai Rp541.118.550. Dana ini didapatkan sesuai aturan pemerintah yaitu maksimal 35 persen dari dana pagu anggaran yang di Desa Belimbing mencapai Rp1.546.053.000.

Perbekel Desa Belimbing, Nyoman Surianto mengungkapkan, dari musyawarah desa khusus ditetapkan ada 203 orang penerima BLT DD. Sebelumnya, penerima ini sudah didata oleh petugas relawan Satgas COVID-19.

“Kami buatkan surat tugas. Masing-masing tiga orang per banjar,” ujarnya.

Sambungnya, semua penerima BLT DD ini menurut Surianto di luar dari penerima data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang sesuai kriteria ditetapkan pusat. Tambahnya, apabila ada masyarakat yang dikemudian hari ternyata tercecer dan sebenarnya berhak menerima BLT, maka pihak Desa Belimbing sudah memiliki langkah antisipasi dimana anggaran yang ditetapkan untuk BLT DD ini prosentasenya maksimal dan belum terserap semua.”Target maksimasl adalah 301 KK. Baru terdata yang memenuhi syarat sebanyak 203. Jadi masih ada kouta,” ujarnya.

Tambahnya, jika ada masyarakat yang merasa berhak menerima tetapi belum terdata bisa mendatangi kantor desa langsung atau bisa menyalurkan keluhan melalui https://play.google.com/store/apps/detailsid=com.myEDBLB.EDBLB atau bisa langsung ke kepala kewilayahan masing-masing. Selain itu, pihaknya juga tetap akan mengencek apakah masyarakat yang merasa berhak ini memenuhi syarat atau tidak.
Sementara itu, mengenai proses pencairan dana BLT di Desa Belimbing sudah melalui verifikasi kecamatan dan sedang dalam persiapan pencairan dana. Ditargetkan dana akan cair pada minggu awal ini.*man

BAGIKAN