Bulan Bung Karno 2020 di Tutup, Perkuat Ketahanan Pangan Masyarakat Gianyar

DPC PDIP Gianyar menutup rangkaian acara Bulan Bung Karno 2020 Selasa (30/6).

 

DPC PDIP Gianyar menutup rangkaian acara Bulan Bung Karno 2020 Selasa (30/6).

Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Gianyar melaksanakan Bulan Bung Karno 2020 dengan berbagai kegiatan dan mengajak masyarakat bergotong royong menghadapi covid-19. Koordinator Kegiatan Bulan Bung Karno Tahun 2020 Kabupaten Gianyar, Ni Made Ratnadi di sela-sela acara penutupan rangkaian acara Bulan Bung Karno Tahun 2020, di Wantilan Kampus OTC (Overseas Training Center), Desa Tegaltugu Gianyar, Selasa (30/6) mengatakan kegiatan Bulan Bung Karno diantaranya mendorong masyarakat guna penguatan ketahanan pangan pasca pandemi covid-19.

Diungkapkannya, DPC PDIP Gianyar bekerjasama dengan Indonesian ChefAssociation (ICA) Bali menggelar live cooking secara virtual dan live streaming. Kegiatan ini merupakan bagian sosialisasi pengolahan bahan pangan substitusi beras/ bahan pokok berbasis potensi lokal alam Bali berdasarkan resep Mustika Rasa warisan Bung Karno. Kegiatan demo masak serangkaian peringatan Bulan Bung Karno 2020 digelar di OTC Gianyar, Jumat (26/6).
Ratnadi menjelaskan juga diisi dengan sosialisasi kebun rakyat. DPC PDIP Gianyar hadir di tengah masyarakat guna memberikan inspirasi memperkuat ketahanan pangan. Keluarga bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanam sayur-mayur dan palawija.
Made Ratnadi menegaskan kegiatan acara Bulan Bung Karno ini antara lain dilaksanakan upacara bendera memperingati hari lahirnya Pancasila. ” Acara Bulan Bung Karno juga di rangkai dengan kegiatan lomba-lomba, dan kegiatan sosialisasi,” jelasnya.
Sementara Ketua ICA BPC Gianyar, Chef. AA Putra Juliartha yang diminta konfirmasinya saat penutupan Bulan Bung Karno 2020 mengatakan, dalam demo masak tersebut ada lima menu yang langsung disubstitusi dengan karbohidrat pengganti nasi. Yakni, gulai bebek disubstansi dengan ketela pohon, ayam masak ambon dengan ketela rambat, cah daging sapi dengan talas, rica rica ikan dengan jagung, dan lombok isi udang dengan kentang.
Sekretaris DPC PDIP Gianyar, I Ketut Sudarsana mengatakan bahwa dengan dilaksanakan Bulan Bung Karno ini sebagai ajang untuk mengenang Bapak Proklamator ini. “Sesungguhnya pesan yang kami sampaikan ini adalah dari peringatan Bulan Bung Karno adalah untuk kita mengenang kebesaran dari pada Bung Karno, mulai dari Bung Karno itu seorang arsitektur, Bung Karno itu seorang politisi yang melahirkan partai PNI (Partai Nasional Indonesia) pada tahun 1927 dan jauh dari Indonesia merdeka,” ucapnya.
Setelah serangkaian Bulan Bung Karno ini dilaksanakan maka pada tanggal 30 Juni 2020 ini dilakukan penutupan. “Hari ini, tanggal 30 Juni 2020 saya mewakili bapak Ketua DPC PDIP Gianyar untuk menutup Bulan Bung Karno Tahun 2020 ini,” pungkasnya.*kup

BAGIKAN