BRSU Tabanan akan Miliki Gedung Baru

BRSU Tabanan dalam waktu dekat akan memiliki gedung baru yang dikhususkan untuk ibu melahirkan dan bayi baru lahir atau gedung Neonatal Intensif Care Unit (NICU).

BRSU Tabanan

Tabanan (bisnisbali.com) –BRSU Tabanan dalam waktu dekat akan memiliki gedung baru yang dikhususkan untuk ibu melahirkan dan bayi baru lahir atau gedung Neonatal Intensif Care Unit (NICU). Kini, gedung yang dibangun dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 15 miliar lebih proses pengerjaan sudah 46 persen dan siap digunakan pada akhir 2021.

Gedung NICU ini dibangun menggantikan posisi gedung Anggrek yang kondisinya sudah tua. Gedung anggrek ini dibongkar lalu dilakukan proses penghapusan, sedangkan untuk gedung NICU yang dibangun berlantai 3 ini akan dilengkapi berbagai ruangan. Mulai dari ruangan bayi, rawat ibu pasca melahirkan dan ada pula ruang melahirkan. Selain itu dilengkapi dengan ruang operasi untuk melahirkan, rawat inap, serta dilengkapi ruang perawatan bayi.

Wakil Direktur Penunjang BRSU Tabanan, I Made Wisnawa, Kamis (12/11), mengungkapkan, gedung NICU mulai dibangun sekitar Juli dan berakhir Desember 2020 dengan jumlah anggaran Rp 15 miliar lebih. Saat ini, proses pengerjaan gedung NICU masih berjalan, per 10 November proses pengerjaan hampir semua lantai sudah dikerjakan atau jika dipersentasekan sudah di angka 46,51 persen saat ini. “Sejumlah bagian sudah mulai finis. Seperti lantai dari bangunan itu sendiri. Namun untuk ruangan belum ada yang tuntas,” tuturnya.

Rencananya, gedung NICU ini siap digunakan pada akhir 2021. Sebab sesuai jadwal, papar Wisnawa, gedung harus sudah rampung di akhir Desember 2020 untuk kemudian awal Januari dilanjutkan dengan penataan lingkungan, dan pertengahan Januari dilanjutkan dengan upacara melaspas sehingga akhir Januari gedung sudah bisa digunakan.

Untuk mendukung agar gedung bisa maksimal digunakan, rencananya akan kembali dianggarkan lewat DAK 2021 untuk kelengkapan sejumlah fasilitas penunjang. Di antaranya, tempat tidur, infusion pump, syaring pump, infant warmer dan lain-lain. “Kami harapkan dengan tersedianya gedung NICU dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat Tabanan,” ujarnya.*man

BAGIKAN